4 Pertimbangan sebelum Pakai Lem Pipa PVC untuk Instalasi Air

Baik untuk keperluan gedung bertingkat maupun rumah, keberadaan lem pipa sangat diperlukan. Terlebih lagi ketika pipa air yang kamu gunakan sebagian besar menggunakan pipa PVC atau paralon. Baik pipa, sambungan, maupun lem harus dipilih secara cermat agar instalasi airnya berhasil dengan sempurna. Inilah 4 pertimbangan sebelum pasang.

Pakai Lem Pipa Rugle
Sumber Gambar: Rucika

1. Menggunakan Produk Terbaik

Lem yang digunakan untuk menyambungkan pipa-pipa air harus dipilih sedemikian rupa. Salah satu cara terbaiknya adalah dengan menggunakan lem dari produk terbaik dan dikenal luas oleh masyarakat. Contohnya TRUGlue dan RUGlue. Keduanya sangat cocok ketika diadaptasikan ke permukaan bagian ujung pipa paralon atau pipa PVC.

2. Mengetahui Kebutuhan Saluran Air

Untuk kebutuhan saluran air, sebaiknya diketahui lebih awal. Soalnya pipa yang digunakan berbeda sesuai dengan penggunaan. Apakah yang kamu inginkan itu proses instalasi air bersih, baik dingin maupun panas, atau untuk saluran air buangan. Tentukan salah satu yang menjadi kebutuhanmu saat itu.
Kalau ingin melakukan instalasi air buangan, kode pipa air yang digunakan kalau bukan AW itu D. Sedangkan diameternya bisa disesuaikan dengan debit air yang hendak dipancarkan. Kalau bisa, konsultasikan pula ke teknisi untuk mendapatkan pilihan terbaik. Kadang, antara toko satu dengan lainnya menjual produk berbeda meskipun bermerek sama.

3. Penentuan Tinggi dan Luas Bangunan

Kebutuhan lem pipa, sambungan pipa, serta pipa air sangat ditentukan oleh tinggi maupun luas bangunan. Seorang perencana yang baik pasti bisa mengetahui penempatan pipa-pipa secara terstruktur dan tepat. Kalau tidak dipertimbangkan, pemasangan tidak akan bisa berjalan dengan lancar.
Lazimnya, alokasi pipa, sambungan, serta lem untuk bangunan gedung bertingkat itu lebih banyak dibanding untuk keperluan rumah tangga. Asalkan keduanya memiliki luas bangunan yang sama. Umumnya, gedung bertingkat kan punya banyak ruangan yang butuh saluran air.

4. Pilihan Pompa Air dengan Kapasitas Tertentu

Seberapa besar daya tampung air yang akan dipancarkan tergantung oleh kapasitas pompa airnya. Pilihan pompa air yang tepat akan membuat tekanannya lebih stabil. Alhasil, air pun tetap mengalir dalam kondisi mana pun. Dengan hadirnya lem-lem terbaik seperti RUGlue, rangkaian pipa air yang terpasang bisa bertahan lebih lama.

Khusus untuk instalasi air bersih maupun air buangan untuk gedung bertingkat, sebaiknya serahkan ke teknisi. Soalnya menyangkut kebutuhan orang banyak. Begitu pula dengan proses penggunaan lem pipa ketika instalasi tengah berlangsung. Tapi, kalau kamu cukup percaya diri untuk melakukan sendiri, silakan.

0 comments:

Followers