Rahasia Mengawetkan Daging Tanpa Bahan Kimia!


plastik vakum makanan – Yang namanya bahan makanan bisa dibilang mempunyai daya tahan dan sensitivitas tinggi terhadap kondisi di sekitar, hal ini bisa dibilang terjadi karena proses kimiawi pada bahan makanan yang bisa dengan mudah berubah sifat dan zat hanya karena faktor udara dan kelembaban. Oke kita ambil contoh seperti daging sapi, daging sapi merupakan salah satu bahan makanan yang harus selalu tampil fresh ketika anda ingin memasak dan mengolahnya, baik dari segi tampilan dan tekstur haruslah dalam kondisi yang sempurna tidak kurang satu apapun. Nah kali ini saya akan share tips mengawetkan daging sapi tanpa harus menggunakan freezer di rumah, lho koq bisa? Bisa saja moms, oke begini caranya :
  • ·Bersihkan dan sterilkan kedua tangan anda terlebih dahulu, hal ini di maksudkan agar kuman bakteri di tangan anda hilang total, sehingga pada saat anda bersentuhan dengan daging sapi tak akan terkontaminasi kuman dan virus yang tak di inginkan.
  • ·Potong-potong daging sapi sesuai porsi dan ukuran yang anda inginkan, jika anda ingin membuat rendang untuk esok hari, maka potong-potonglah sesuai dengan selera anda.
  • ·Taburkan garam di kedua sisi / setiap sisi daging sapi tersebut, lalu diamkan selama setengah jam
  • ·Sebelum melakukan pengolesan, ada baiknya anda telah memastikan bahwa darah dari daging sapi tersebut telah terbuang dan kering.
  • ·Bilas daging sapi dengan air dingin yang mengalir dari keran dengan tekanan rendah, jangan menyiramnya ataupun menyemprot (memberikan tekanan), hal ini di maksudkan agar kandungan garam tidak hilang selama proses penyegaran.
  • ·Masukan daging sapi kedalam wadah kedap udara seperti plastik vakum makanan, tupperware,dll, sebelum melakukan pembungkusan anda harus menaburkan kembali garam secukupnya hingga hampir semua daging sapi tersebut rata dengan garam
  • ·Tutup wadah dan simpan di tempat sejuk / lembab
Dari beberapa kali percobaan di atas bisa di dapatkan hasil bahwasannya daging sapi tersebut bisa bertahan hingga beberapa bulan kedepan tanpa harus masuk freezer, namun jika anda memasukannya ke dalam chiler anda bisa menyimpan daging tersebut dengan kondisi terbaik selama 1 tahun. Nah dengan begini anda tak perlu bersusah payah membeli pengawet atau zat lain untuk membuat bahan makanan anda bertahan lebih lama.

Oke semoga berguna

0 comments:

Followers