Promosi murah dalam
menjual makanan banyak caranya bahkan anda bisa berpromosi gratis pada
hal dan sikon tertentu, karena promosi adalah langkah utama dalam
memperkenalkan dan mencari pelanggan anda, berikut ada beberapa tips
untuk anda:
1. Mulut ke mulut atau testimonial
Cara ini
merupakan cara tradisional yang masih terbilang efektif hingga sekarang.
Cara yang paling mudah adalah dengan mengundang atau datang ke grup
arisan ibu-ibu dan berikan contoh produk buatan anda. Berikan kemasan
dan rasa terbaik dari contoh makanan tersebut, tapi tetaplah jaga
kualitas produk anda. Jangan sampai contoh yang diberikan lebih baik
dari produk yang dijual di toko.
2. Promosi melalui jejaring sosial
Tentunya
anda sudah tidak asing lagi dengan facebook, twitter, wordpress,
youtube dan lain-lain. Anda bisa menggunakan cara ini, karena gratis dan
mudah untuk dioperasikan. Anda bisa mengupload gambar-gambar makanan di
restoran anda dan jangan lupa berikan alamat dan nomor kontak rumah
makan tersebut. Rajin-rajinlah untuk memberikan berita terbaru tentang
restoran anda melalui media ini.
3. Loyalty programs
Pada
artikel sebelumnya, saya telah menulis artikel tentang loyalty program
ini. Pada intinya anda memberikan point-point pada setiap pembeli. Jika
pembeli sudah mencapai suatu point tertentu, anda bisa memberikan
voucher atau diskon khusus kepada pembeli anda.
4. Up-selling
Up-selling
adalah suatu cara mempromosikan suatu produk saat pembeli sedang
berinteraksi dengan penjual. Misalnya dengan memberitahukan manfaat dari
produk tertentu atau menu baru dengan diskon tertentu. Tapi perlu
kehati-hatian saat melakukan up-selling, jangan sampai pembeli merasa
dipaksa untuk membeli suatu produk.
5. Mengadakan suatu acara
Acara
seperti lomba memasak, kursus memasak secara gratis, acara ulang tahun
atau acara anak lainnya. Acara seperti ini bisa menarik pelanggan untuk
datang ke rumah makan anda. Saat acara berlangsung jangan lupa
memberikan contoh-contoh makanan atau promosi-promosi kepada pelanggan
anda.
6. Email dan mobile marketing
Mintalah alamat email atau
nomor handphone pembeli jika ada, dengan ini anda bisa memberikan
update-update terbaru tentang restoran anda setiap saat kepada pembeli.
Tapi jangan lupa untuk menanyakan kepada pembeli apakah mereka bersedia
untuk dihubungi melalui email atau sms jika terdapat promosi di rumah
makan anda. Karena ada juga pembeli yang sering merasa terganggu untuk
menerima promosi-promosi seperti ini. Ditakutkan pembeli justru akan
lari jika kita memaksakan cara ini kepada mereka.
7. Blog dan video
Buatlah
blog tentang rumah makan anda melalui blog gratis seperti wordpress
atau blogger. Dengan ini rumah makan anda bisa diketahui oleh masyarakat
lebih luas. Jika mungkin buatlah video tentang rumah makan anda dan
upload di jejaring sosial seperti facebook dan youtube. Sehingga pembeli
merasa tertarik untuk datang ke bisnis anda.
8. Stiker promosi di tempat-tempat menunggu
Stiker
kecil tentang restoran kita bisa dibuat dan ditempelkan di
tempat-tempat umum, terutama tempat-tempat dimana banyak orang menunggu
dan antri seperti toilet, halte dan angkutan kota. Atau anda juga bisa
memberikan stiker mobil gratis di tempat parkir yang bertuliskan nama
dan foto makanan yang disediakan di restoran anda.
Demikian tipsnya dalam mempromosikan makanan semoga menampah pengetahuan dan inspirasi anda, temukan info menarik tentang Promosi Bisnis
Temukan artikel terkait: Tips Supaya Kredit Usaha di Setujui Bank
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment