Beralih Dalam Menggunakan Software Komputer

Software Portable adalah aplikasi yang dapat dijalankan tanpa memerlukan instalasi pada sistem. Ia dibuat untuk penggunaan bersama Portable Drive seperti External HardDisk, USB, MP3 Player atau PDA. Biasanya software ini di kemas dalam bentuk paket (packed) yang ringkas dan dapat djalankan hanya dengan beberapa klik saja. Ia bekerja dengan cara meng-emulsi-kan lingkungan kerjanya sendiri tanpa ‘menyentuh’ sistem registry, sehingga sistem lebih bersih.


Karakteristik Software Portable

Suatu aplikasi dapat dikatakan sebagai Software Portable minimal harus memiliki 3 karakteristik berikut:

· Tidak memerlukan instalasi pada komputer lokal. Sehingga dapat disimpan dalam Portable Storage seperti External HardDisk, USB, MP3 Player, dan PDA.

· Tidak menulis registry baru dan tidak merubah setingan pada sistem. Kalaupun ia membuat configuration file (misal: INI file), akan disimpan di direktorinya sendiri.

· Tidak meninggalkan jejak memori maupun file pada komputer setelah digunakan. Log file selama penggunaan akan disimpan di direktorinya sendiri.

Pindah ke Software Portable

Apakah aplikasi komputer yang biasa kita pakai sudah ada versi portable-nya? Silahkan googling untuk mendapatkan jawabannya. Cukup ketikkan “nama_software_anda portable” di Google, bisa jadi kita akan kaget ternyata software versi portable-nya sudah ada. Dua alasan utama saya memakai apikasi portable; Pertama, Drive C: saya lebih bersih. Ya saya seringkali mengalami Windows crash, yang mengharuskan install ulang. Kedua, karena free dan open source. Saya masih menggunakan beberapa software bajakan dalam komputer saya. Alasan utama adalah mahalnya harga licensi software asli. Tentu saja itu membuat tidak nyaman. Jadi dengan menggunakan software open source, pelan tapi pasti, bisa encourage kita untuk meninggalkan atau paling tidak meminimalisir penggunaan sofware secara ilegal.

Temukan info lebih lengkap seputar aplikasi komputer

0 comments:

Followers