Tips Hemat Listrik dan Barang Elektronik

Tarif listrik naik lagi? Waduh rupanya biaya hidup semakin hari makin menggila. Mulai sekarang coba anda pangkas pengeluaran yang tak perlu dan berhemat listrik. Berikut tips berhemat listrik dan Barang Elektronik yang cocok buat anda.

Ternyata berhemat listrik juga banyak manfaatnya lho. Mulai dini kita tahu membiasakan hidup hemat. Bahan bakar minyak naik, kebutuhan makan pun meningkat. Mari kita bersama mengurangi pemakaian listrik yang tak perlu.

1. Hindari menyalakan barang elektronik tanpa tujuan yang jelas. Misalkan menyalakan televisi atau media hiburan visual tanpa kita tonton. Hal ini akan sangat sia-sia. Jika tidak ada yang nonton lebih matikan saja. Begitu juga dengan penggunaan barang elektronik seperti tape atau radio. Tak perlu menyalakan tape dan TV secara bersamaan. Satu media hiburan saja sudah cukup untuk meramaikan ruangan anda. Nyalakan saja radio atau tape jika kita benar-benar ingin mendengarnya.

2. Hindari menyalakan AC (Air Conditioner) dengan terlalu dingin. Karena semakin dingin temperatur AC maka semakin tinggi daya listrik yang dibutuhkan. Nyalakan AC jika benar-benar terasa panas. Gunakan suhu udara normal saja sehingga temperatur ruangan anda akan stabil. AC yang terlalu dingin juga sebenarnya tak baik bagi tubuh. Selain menyebabkan kekeringan kulit, AC bisa merangsang mata anda menjadi berair.

3. Gunakan barang elektronik dan peralatan hemat listrik (menggunakan lampu hemat energi). Gunakan lampu sesuai kebutuhan. Jangan menyalakan lampu secara berlebihan. Perhatikan juga jumlah titik dan daya (watt) nya. Gunakan lampu hemat energi karena biasanya lebih tahan lama. Jangan menggunakan lampu dengan watt yang terlalu besar dalam ruangan kecil, ini akan mempengaruhi suhu ruangan anda juga. Jangan lupa matikan lampu ketika sudah tak diperlukan jika di siang hari.

4. Berhematlah dengan barang elektronik misalnya, mesin cuci anda. Jangan biasanya untuk mencuci dengan mesin cuci setiap hari. Gunakan mesin sesuai dengan kapasitasnya dan ikuti aturan pengisian air dengan baik dan benar. Untuk mengeringkan pakaian lebih baik anda menjemurnya secara alami dengan sinar matahari. Selain menghemat menjemur dengan cara alami bisa memperawet pakaian anda. Terlalu sering menggunakan pengering bisa merusak bahan pakaian anda.

5. Berhati-hatilah dengan barang elektronik dan alat masak listrik. Jika anda menggunakan alat memasak dari listrik biasakan untuk memasak sekaligus dan tak perlu menggunakan penghangat nasi. Ketika hendak makan baru nyalakan penghangat nasi anda.

6. Begitu juga dengan penggunaan barang elektonik seperti setrika listrik. Untuk lebih menghemat setrikalah baju dalam jumlah yang banyak sekali kerja. Perhatikan kerak di belakang setrika anda. Kerak tersebut bisa menghambat masuknya arus panas listrik.

7. Pelihara lemari es anda. Tutup lemari es dengan rapat letakkan dengan jarak 15 cm dari dinding agar proses pelepasan panas berjalan dengan baik. Hindari memasukkan makanan dan minuman yang masih panas. Jangan lupa untuk membersikan kondensor secara teratur untuk mengurangi kerja mesin. Selain berhemat listrik anda juga bisa memelihara barang-barang elektronik kesayangan anda.

8. Kurangi pemakaian listrik, terutama pada waktu beban puncak (17.00-22.00) dan jangan menyalakan peralatan listrik secara bersamaan pada waktu tersebut

Demi menghemat listrik kita, hendaknyalah kita perlu menghemat listrik di rumah kita, guna menjamin kelangsungan pasokan energi listrik oleh PT.PLN (Persero)dan menjaga keawatan barang elektronik. Hemat energi berarti juga menghemat biaya.

nasikucing.com

0 comments:

Followers