Belajar Bermain Biola

Anda yang Kursus Musik atau Les Musik khususnya Biola, memang sering mengalami kendala dalam memproduksi suara yang benar dan Bulat (Music Course).

Sebenarnya Suara yang bulat itu yang seperti apa..??

Biola bisa mengeluarkan suara yang bulat apabila teknik kita secara keseluruhan sudah mendekati benar. Menurut saya belum ada orang yang bisa mencapai Benar... Nahhh untuk melatihnya, seperti apa PR yang harus di latihhh..???Silahkan lihat di Musik Course atau Kursus Music.

Untuk tangan kanan, kita harus melatih dengan Nada panjang. Dan ini adalah hal yang paling membosankan bagi pemain biola. Bayangkan saja kita menggesek satu persatu senar selama 15 menit setiap senarnya. Yahhhh inilah yang dilakukan oleh orang Eropa untuk mendapatkan produksi suara yang baik dari biolanya(Les Music).

Tapi anda tak usah khawatir bosan dengan nada panjang yang dilakukan rutin setiap hari. Karena bila anda telah mendapatkannya (menemukan yang diinginkan), Anda akan senang dan enjoy dalam melakukannya. Dan anda akan menemukannya secara tidak sengaja (Music Course).

Langkah yang perlu diperhatikan dalam melakukan Nada panjang ini adalah,, Berdiri dengan tegap, posisi sempurna, Berdiri didepan kaca cermin(kalau tidak ada kaca cermin yang panjang, berdirilah di depan kaca jendela yang sedikit memantul (Tempat Kursus). Nah di sana tugas anda adalah, Pasang biola anda pada posisi yang benar dan enak di tubuh anda. Kemudian anda lihat ke kaca, apakah posisi yang anda lakukan enak untuk di pandang ( anggap anda adalah penonton anda sendiri dan akan merasa tidak nyaman bila seorang solois biola salah dalam memegang biolanya ).
Langkah berikutnya adalah gesek biola anda 1 senar dulu, Yaitu senar A ( no 2 ). Gesek panjang mulai dari turun selama 4 Ketukan dengan metronome tempo 90. dan terus naik, turun. ( ingat Harus Full Bow dari paling atas hingga paling bawah )

Sampai anda enjoy untuk melakukannya. Jangan tegang. Bila anda tegang anda akan merasakan pegal yang amat sangat. Setelah anda merasa enjoy Kemudian dilanjutkan juga di senar berikutnya D, E dan G. Ini buat anda yang ingin serius dalam belajar Musik Klasik. Bagi anda yang tidak terlalu suka musik klasik/hanya ingin asal bisa bermain biola mungkin anda akan merasa sangat bosan dan ingin berhenti melakukannya. Baiklah Jika anda bosan ringankanlah waktu untuk menggeseknya jadi lebih singkat. Yaitu 10 Menit atau kurangi lagi hingga 5 menit/senarnnya. Lakukan setiap hari. Buktikan hasilnya dalam waktu 4-7hari. Ini Luar biasa (Lihat “Kursus Musik” dan Tempat Kursus Musik).

untuk menggesek biola,,, anda harus siap dan percaya diri.

angkatlah tangan kanan anda,, dengan memegan bow siap untuk menggesek senar. kemudian ayunkan tangan anda ke arah bawah dan gesek senar dengan halus dari pangkal hingga ujung.. Bayangkan sebuah pesawat yang telah mendarat di landasan. Jangan jatuhkan bow anda ke senar dengan kasar atau seperti pesawat yang jatuh.. dan lakukan bbeberapa kali hingga anda merasa nyaman dan terbiasa.

Untuk tekanannya,, saat bow pada posisi pangkal usahakan kurangi tekanan. Kemudian gesek berlahan-lahan dengan semakin ke ujung semakin ditekan. Setelah dari ujung kembali kepangkal dalam keadaan masih ditekan dan semakin ke pangkal semakin kurangi tekanan. Ulangi terus hingga anda merasa lebih nyaman dan terbiasa. Usahakan suara selalu setabil. Terus cari agar bisa setabil gesekannya.

Lakukan selama 4-7 hari maka anda akan merasakan perkembangan anda.. Bila anda melakukan dengan benar. Saya sarankan untuk mengikuti Les Musik atau mencari Tempat Kursus Musik di daerah anda.

Okey untuk teknik tangan kanan itu saja dulu. Mungkin untuk lebih jelasnya lihat Tempat Kursus atau Tempat Les Musik.

Sumber: pangeranku.multiply.com

Temukan info lainnya di Les Musik - Kursus Musik - Musik Murah - Tempat Les Musik - Tempat Les - Les Music - Tempat Kursus - Music Course -
Kursus Music - Musik Course - Tempat Kursus Musik dan
Les Musik Murah & Kursus Musik: Tempat Les Musik-Les Music & Music Course Yogyakarta hanya di 88db.com

0 komentar:

Followers