Tips Perawatan Untuk Mobil Pintu Geser


Mobil Bali - Mekanisme sliding door (pintu geser) yg membuka dgn cara menggeser ke arah samping belakang, menawarkan kepraktisan lebih besar ketika parkir di tempat yg sempit. Pintu geser digunakan pada MPV seperti Daihatsu Luxio, Gran Max dan Honda Freed dan sebagainya. Mobil bali.

Konstruksi pintu geser memang sedikit berbeda dan melibatkan lebih banyak komponen ketimbang mekanisme pintu konvensional pada umumnya. Sehingga, membutuhkan perhatian lebih utk membuat pintu geser tetap berjalan lancar.

Karena rel sering bergerak saat pintu membuka maupun menutup, maka pelumasan bisa berkurang dan kotor akibat debu yg menyusup masuk. Mobil bali

Seiring dgn masa pakainya, pintu geser acap kali terasa berat atau bahkan macet saat dioperasikan. Dan ini bisa dijadikan patokan jika pintu geser sudah memerlukan perawatan. Salah satu kunci merawat pintu geser adalah, bisa dimulai dari mekanisme pergerakkan pintunya.

Otomatis, pelumasan sangat diperlukan agar kondisi rel dan bearing dapat terhindar dari keausan. Sehingga, jika pergerakkan pintu mulai tersendat atau mengeluarkan bunyi gesekan, hampir bisa dipastikan bahwa pelumasan rel dan bearing mulai kering akibat pemakaian dan cuaca.

Sehingga, pemberian gemuk (grease) mutlak diperlukan. “Hati-hati saat pemberian gemuknya, jangan terlalu banyak karena justru dapat membuat debu dan kotoran mudah hinggap,” wanti Yono. Mobil bali.

Karet pintu ini dapat getas dan sobek lantaran cuaca dan masa pakai. Akibatnya, debu dan air dapat menyusup masuk(kiri). Saat pintu terbuka, lapisan karet akan terbuka lantaran pergerakkan karet. Sehingga, jangan biarkan pintu terbuka dalam waktu lama(kanan)


Selain pelumasan, kondisi karet pintu juga mempengaruhi kondisi rel dan bearing-nya. Terlebih karena faktor cuaca (panas dan hujan) dalam jangka waktu panjang, dapat membuat kondisi karet getas dan sobek.

Utk pencegahan, hindari membuka pintu dalam waktu lama. Hal ini bisa membuat karet terbuka lebar karena pergerakkan rel, sehingga debu rawan hinggap pada mekanisme pintu geser.

Sumber :otomotifnet.com

Temukan Info lain Seputar Mobil Bali

0 comments:

Followers