Mengenal Khasiat Dari Ramuan Teh Rosella

Rosella merupakan tanaman asli Afrika tropik dan didomestikasi pertama karena bjinya enak dimakan dan kemudian karena daunnya, begitu juga karena tunas muda dan bagian bunganya. Rosella didomestikasi pada awal abad 4000 SM di Sudan. Sebagai tanaman sayuran. Mencapai Amerika dan Asia pada abad ke 17. Tanaman ini digunakan sebagai tanaman serat pada waktu - waktu terakhir.


Hibiscus sabdariffa (Rosella) tidak dikenal diluar Afrika sampai tahun 1914, ketika biji dari Ghana diterima Filipina, tanaman ini dikenal sebagi tanaman yang potensial menghasilkan serat. Percobaan penanaman dimulai di Cuba pada tahun 1919. Di Asia,Hibiscus sabdariffa dikenalkan ke Jawa pada tahun 1918 dan percobaan dimulai segera, kemudian diikuti negara-negara lain, meliputi Malaysia (1921), Sri Lanka (1923) dan India (1927).

Rosella diintroduksikan ke Vietnam pada tahun 1957. Sekarang rosella secara luas menyebar ke negara-negara tropik dan subtropik, biasanya ditanam sebagai tanaman serat atau sayuran. Dengan kata lain bangsa Indonesia sudah mengenal tananam rosella selama kurang lebih hampir 1 abad.

Hal ini membuktikan bahwa teh Rosella yang ada dibumi Indonesia layak untuk menjadi tradisi dibanding dengan minuman teh yang lain. Teh Rosella memang pantas untuk dibanggakan karena cita rasa dan aromanya yang lebih nikmat dan segar. Teh Rosella bisa dihindangkan dalam segala suasana serta dapat dinikmati oleh segala usia baik muda maupun tua dan dari generasi ke generasi.Saatnya ganti kebiasaan minuman teh anda dengan teh rosella.

Rasa dari minuman ini seperti asam jawa. Kalo yang punya sakit maag harus hati hati dan menambahkan kadar airnya. Kalau mau bisa ditambahkan gula, tapi untuk kesehatan yg lebih baik dicampur pake madu saja sebagai pemanis.

Belum pernah dilaporkan efek samping yang serius akibat konsumsi kelopak Rosella selain jantung berdebar. Namun Peter Hardwick dari jurnal Australian Food Plants Study Group Newsletter mengatakan bahwa ada spesies lain dari Rosella yang disebut Native Rosella (Hibiscus heterophyllus) yang bisa menyebabkan kerusakan ginjal jika dikonsumsi. Bunga segarnya mirip Rosella (Hibiscus sabdariffa). Oleh karena itu, hati-hati, jangan sampai salah pilih.

Temukan info lebih lengkap seputar teh rosella

0 comments:

Followers