Karya Seni Tanah Liat Bikin Keterampilan Anak Makin Terasah

Banyak cara melatih kreativitas dan imajinasi berpikir anak-anak. Di era modern sekarang ini, banyak pula peralatan dan permainan yang dapat digunakan sebagai media, melatih kreativitas serta imajinasi itu


Salah satunya membuat berbagai bentuk benda menggunakan tanah liat atau tanah, yang dikenalkan Tikun dan beberapa rekannya sesama pecinta seni rupa dari Studio Art Butuh Kelurahan Kutowinangun Kecamatan Tingkir Salatiga. Ya, sudah beberapa tahun ini, tanah liat dikenalkan Studi Art Butuh, menjadi benda karya seni yang murah dan mudah diperoleh, serta dapat dibentuk apa saja.

Media pembuatan gerabah itu dapat dibentuk menjadi patung hewan, manusia, dan benda lainnya. Para perupa Studio Art Butuh itu pun, tidak hanya menghasilkan benda seni benda saja. Tetapi juga mengajarkan kepada semua kalangan, bahwa seni itu dapat bermanfaat untuk apa saja. Seperti untuk melatih imajinasi, kreativitas, melepaskan penat/stress, melatih emosi, kesabaran, dan lainnya.

Seperti yang dilakukan Studio Art Butuh dengan mengajarkan murid play grup dan TK Rainbow Preschool, membuat karya seni dari tanah liat. Perupa itu diajak kerja sama oleh Rainbow dalam acara ’’Family Day dan Peringatan Hari Kartini.’’

Semua murid dan orang tua, dilibatkan membuat aneka bentuk benda menggunakan tanah liat yang telah disediakan sebelumnya. Tanah diperoleh di sekitar persawahan dan sungai. Tanah kemudian diolah dan dicampur dengan air, serta dibentuk kubus. Dalam kegiatan itu anak-anak tinggal memakainya. Agar mudah dibentuk, tanah liat yang mengeras, dicampur dengan air agar lunak. Tanah liat dibentuk menjadi benda apa saja seperti buaya, dinosaurus, gajah, dan lainnya.

Temukan info lebih lengkap seputar karya seni

0 komentar:

Followers