Rajanya Permata Dari Si Batu Ruby

Mungkin tidak ada Batu Permata yang dihargai sepanjang sejarah melebihi ruby. Dinyatakan dalam Alkitab dan tulisan-tulisan Sansekerta kuno sebagai yang paling berharga dari semua batu permata, ruby telah 'menghiasi' para kaisar dan raja-raja jaman dahulu dengan warna yang kaya dan menyala-nyala.

Batu permata ruby juga merupakan simbol keberanian dan keteguhan hati. Prajurit, menurut cerita, ditanamkan batu ruby di bawah kulit mereka untuk membawa mereka berani dalam pertempuran dan tak terkalahkan. Batu ini juga telah digunakan sebagai jimat terhadap bahaya dan bencana, untuk menghentikan pendarahan dan sejumlah penyakit lain. Warnanya yang intens diduga berasal dari api abadi yang muncul dari dalam batu, atau, seperti beberapa legenda, merupakan potongan dari planet Mars.

Batu permata Ruby adalah variasi dari corundum, adik batu safir (sapphire). Seperti safir, ruby berada pada tingkat kekerasan "9" pada skala Mohs, yang menjadikannya batu nomor dua paling keras setelah berlian atau intan.

Ruby terbaik adalah yang secara intens mengalami penjenuhan, berwarna merah murni tanpa nada cokelat atau biru. Setelah warna, faktor-faktor yang mempengaruhi nilainya adalah kejernihan, potongan dan ukuran. Batu ruby yang jelas tanpa terlihat inklusi lebih berharga daripada mereka yang terlihat cacat internal.

Tips Pengujian

Tingginya nilai batu-batu permata menyebabkan munculnya banyak bentuk permata tiruan. Namun ada beberapa cara untuk menguji keaslian batu merah delima ini, diantaranya :

* Letakkan atau masukkan batu ruby itu ke dalam gelas berisi air putih. Tunggu beberapa saat, maka air maupun gelasnya akan berubah warnanya menjadi merah. Bahkan gelas-gelas yang ada di sekitarnya juga dapat berubah warna menjadi merah akibat pengaruh batu itu.

* Keaslian sebuah batu permata juga terletak pada kekuatannya. Instansi yang berwenang untuk mengujinya biasanya memiliki alat untuk mengetahui kekuatan batu permata. Kalau batu itu tidak pecah bila dipukul dengan kekuatan tertentu, bisa dijamin keasliannya.

* Harga batu ruby yang asli sangat mahal, dari ratusan juta hingga milyaran rupiah. Karena itu bila ada pedagang yang menjual batu permata jenis ini dengan harga hanya beberapa juta, maka patut dipertanyakan keasliannya.

Sumber: duniaperhiasan.blogspot.com

Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, usaha, Iklan Baris

0 comments:

Followers