Alat Musik Bambu Khas Indonesia

Selain bambu runcing, Indonesia juga harus bangga terhadap kebudayaan tradisional lainnya yang menggunakan bambu dan tentu melestarikannya juga. Ada berbagai macam alat musik tradisoional yang terbuat dari bambu, ada pula tari-tarian dan berbagai kuliner khas Indonesia yang semuanya menggunakan bambu. Berikut ini beberapa alat music tradisional yang menggunakan bambu.


1. Sasando adalah sebuah alat musik petik. Alat musik ini berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Bentuk sasando mirip dengan alat musik petik lainnya seperti gitar, biola dan kecapi. Bagian utama sasando berbentuk tabung panjang yang terbuat dari bambu.

2. Calung adalah alat musik Sunda yang sejenis dengan angklung. Berbeda dengan angklung yang dimainkan dengan cara digoyangkan, cara menabuh calung adalah dengan memukul batang dari ruas-ruas yang tersusun menurut tangga nada pentatonik.

3. Saluang adalah alat musik tradisional khas Minangkabau, Sumatra Barat. Alat musik tiup ini terbuat dari bambu tipis atau talang. Alat ini termasuk dari golongan alat musik suling, tapi lebih sederhana pembuatannya, cukup dengan melubangi talang dengan empat lubang. Panjang saluang kira-kira 40-60 cm, dengan diameter 3-4 cm.

4. Angklung adalah alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat, terbuat dari bambu, yang dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar.

5. Jegog adalah alat musik khas Jembrana, Bali. Yang mirip dengan gamelan namun terbuat dari bambu. Bentuk fisiknya berupa bilahan setengah bambu yang ditata berjajar. Dibawahnya, terdapat bambu yang utuh namun dilubangi bagian atasnya sebagai lubang resonansi.

Masih banyak lagi alat musik yang terkenal dari Indonesia tercinta ini

0 komentar:

Followers