Arti Bunga Mawar

Sappho, seorang penyair Romawi menggelarkan bunga mawar sebagai “Ratu segala jenis bunga” karena mawar dianggap sebagai lambang kesucian dan keimanan. Shakespeare seorang pujangga Inggris memuja bunga mawar yang dianggap melambangkan keperkasaan. Kuntuman mawar dengan daun dan tangkai batangnya yang berduri melambangkan kegagahan yang menyatu dengan keindahan dan keharuman.

Bunga Mawar suatu perlambangan maskulin yang sangat menggairahkan setiap jiwa feminisme. Mayoritas orang, selama ini, telah salah meletakkan perlambangan suatu bunga mawar pada tempat yang seharusnya bunga itu memperlambangkannya. Bunga Mawar telah diperlambangkan sebagai bentuk perlambangan seorang wanita. Padahal sesungguhnya Bunga Mawar itu telah menduduki perlambangan bentuk maskulin atau bentuk kelakian. Mengapa bunga Mawar adalah perlambangan maskulinisme. Karena dilihat dari sudut penggunaannya, bunga Mawar sangat disukai oleh para wanita. Segala sesuatu yang disukai oleh wanita, hakikatnya bersifat maskulin.


Bunga pun bisa menjadi alat komunikasi, ya bahasa bunga atau disebut juga floriography. Berkomunikasi dengan berbagai jenis bunga untuk mengungkapkan perasaan atau menyampaikan pesan secara rahasia.


Bunga Simbol Kasih Sayang
Ada banyak arti di balik setangkai mawar, mulai rasa tulus, sukacita, kasih sayang bahkan dukacita. Namun di balik semua itu, ada makna cinta yang tersirat di dalam mawar.Keanekaragaman warna bunga mawar seringkali mengungkapkan banyak arti. Agar tak terjadi salah pengertian, sebelum memberi kenali arti warna dibalik keelokan bunga mawar.

Merah: cinta, keberanian, penghargaan
Kuning: kegembiraan, kebahagiaan, kebebasan
Pink/peach: terima kasih, syukur, kekaguman, penghargaan dan simpati
Putih: penghormatan, kesucian hati, kerahasiaan, pertunangan
Merah & Putih: kebersamaan

Persembahan mawar merah/
red roses kepada gadis pujaan hati bererti isyarat pernyataan cinta si pemuda. Untuk menentukan jawaban seorang wanita dengan bunga mawar yang dibalas olehnya. Bila sang wanita membalas dengan mawar kuning, berarti ia belum menentukan pilihan, kalau membalas dengan mawar tanpa bunga berarti cinta si pemuda ditolak dan kalau dibalas dengan red roses ini berarti lamarannya di terima. Mawar dianggap sebagai lambang keremajaan, cinta, kasih dan keindahan. Mawar juga digalakkan ditanam di halaman rumah kerana ia dipercayai dapat membawa rezeki kepada pemilik.


Dalam kebudayaan Barat, mawar adalah bunga lambang cinta dan kecantikan. Bunga mawar dianggap suci untuk beberapa dewa dalam mitologi Yunani seperti Isis dan Aprodite.


Bunga mawar adalah bunga nasional Inggris dan digunakan sebagai lambang tim nasional rugby Inggris dan Rugby Football Union di Inggris.


Di Kanada, bunga mawar liar merupakan bunga provinsi Alberta. Di Amerika Serikat, bunga mawar merupakan bunga negara bagian Iowa, North Dakota, Georgia, dan New York. Kota Portland di negara bagian Oregon yang setiap tahunnya mengadakan festival bunga mawar sering disebut “Kota Bunga mawar.”


Bunga mawar merupakan simbol anti-kekerasan di Georgia sewaktu terjadi Revolusi Mawar di tahun 2003.


Bunga mawar sering dijadikan objek lukisan oleh banyak pelukis. Pelukis Perancis bernama Pierre-Joseph Redouté terkenal dengan lukisan berbagai spesies bunga mawar yang digambar dengan sangat teliti.


Mawar yang paling banyak ditanam adalah mawar teh (tea rose) dari spesies Rosa indica fragran hybrids, famili Rosaceae.


modelayu.com

0 komentar:

Followers