Tips Pembuatan Maket Arsitektur




Salah satu tuntutan kuliah di jurusan arsitektur adalah membuat maket tugas-tugas perancangan. Maket atau desain miniatur dan maket desain rumah adalah miniatur rancangan yang kita buat dengan skala tertentu, agar rancangan lebih mudah dibayangkan secara 3 dimensi.

Ada dua macam maket : maket studi dan maket presentasi. Maket studi digunakan oleh mahasiswa bersangkutan untuk mempelajari hal-hal yang lebih jelas ditampilkan secara 3 dimensi, misalnya maket miniatur, miniatur rumah, maket hotel, proporsi bangunan terhadap lingkungan sekitarnya, dan lain-lain. Model miniatur dan model rumah maket studi biasanya dibuat dengan bahan-bahan sederhana karena hanya ditujukan untuk diri sendiri (dan mungkin dosen pembimbing), dan rancangannya pun masih mungkin berubah dan berkembang.

Maket miniatur, miniatur rumah dan maket hotel untuk
presentasi seperti namanya digunakan untuk mempresentasikan rancangan final, ditujukan bagi 'klien' (semasa kuliah kliennya tentu saja dosen penguji). Model miniatur dan model rumah maket ini dibuat sebagus mungkin karena tujuannya untuk menarik hati klien .

Membuat desain miniatur dan maket desain rumah presentasi yang bagus sebetulnya tidak perlu mahal. Dengan bahan-bahan sederhana seperti karton, kertas warna, busa, plastik mika, pasir, serbuk gergaji, dapat menghasilkan maket yang menarik.

Bahan-bahan yang sering digunakan untuk maket misalnya :


Alas maket
: karton, styrofoam, chip board,
matras, tripleks. Permukaannya bisa cukup dilapisi kertas, atau jika ingin efek khusus bisa dibuat dengan teknik-teknik tertentu. Lahan berumput dibuat dengan melapisi permukaannya dengan serbuk gergaji halus kemudian disemprot dengan cat hijau. Perairan seperti danau atau kolam dapat dibuat dengan kertas biru yang dilapisi plastik, di antara keduanya bisa ditaburi gula untuk efek kilauan air.


miniatur
maket
bangunan (berbagai bagiannya) : karton, mounting board, kayu balsa, corrugated paper, plastik, dan lain-lain.
Lansekap
(pohon, rumput dll) : busa, tusuk gigi, korek api, jarum pentul, serbuk gergaji, dll.

Dan masih banyak lagi jika harus disebutkan satu persatu. Apalagi bagi mahasiswa yang kondisi keuangannya masih terbatas , dituntut untuk kreatif menggunakan bahan-bahan miniatur maket murah dan sederhana.


Dukung kampanye
stop dreaming start action sekarang


http://www.hobikriya.com

0 komentar:

Daftar Blog Saya

Followers