Mengenal Bahasa Jerman: Kata Benda dan Artikel



Salah satu bagian yang terumit (baca menantang) dalam mempelajari Bahasa Jerman adalah penggunaan artikel yang mengikuti kata benda. Artikel merupakan indikator penting untuk menilai grammatik sebuah kalimat atau percakapan. Semua kata benda dalam Bahasa Jerman merupakan bagian dari salah satu gender apakah dia maskulin, feminin ataupun netral.Dalam bentuk nominative, kata benda yang bersifat maskulin akan diikuti oleh artikel der, feminin adalah die dan netral adalah das.

Kadang gender dari kata benda mengikuti gendernya secara biologis meskipun dalam sebagian kasus hal itu tidak berhubungan sama sekali. Kata Weib misalnya (yang berarti feminin atau perempuan) dianggap netral, das Weib. Jadi yang terbaik adalah selain menghafalkan artinya, anda harus menghafalkan pula artikelnya. Itu kabar buruknya. Kabar baiknya? Bahkan orang Jerman pun terkadang tidak tepat menyebutkan artikel sebuah kata benda.

Untuk kata yang mengikuti gendernya secara biologis adalah:

der Vater (ayah)
die Mutter (ibu)
der Sohn (anak laki2)
die Tochter (anak perempuan)
der Bruder (saudara laki2)
die Schwester (saudara perempuan)
die Tante (tante)
der Onkel (paman)
die Oma (nenek)
der Opa (kakek)
der Enkelsohn (cucu laki2)
die Enkeltochter (cucu perempuan)

Nama nama hari dalam seminggu dan bulan dalam setahun semuanya adalah maskulin:

der Montag, der Dienstag, der Mittwoch, der Donnerstag, der Freitag, der Samstag, der Sonntag. (Berturut2 Senin sampai Minggu).

der Januar (dibaca Yanuar), der Februar, März (Merst), April, Mai, Juni (yuni), Juli (yuli),August, September, Oktober, November, Dezember (detsember).

Untuk profesi yang berakhiran er dan profesi oleh laki laki lainnya, cukup ditambahkan in untuk merubahnya menjadi feminin.

der Lehrer (guru laki2) menjadi die Lehrerin (guru perempuan).der Schneider (synaider, penjahit lelaki) menjadi die Schneiderin.der Anwalt (pengacara) menjadi die Anwaltin.

Kata benda yang berakhiran dengan schaft, heit, keit dan ung hampir pasti feminin:

die Freundschaft (froinsyaft, friendship)
die Schönheit (syoenhait, beauty)
die Wohnung (tempat tinggal)
die Rechnung (invoice, tagihan)
die Möglichkeit (kemungkinan)

Kuncinya adalah rajin membaca dan buka kamus bahasa jerman. Kesempatan lain adalah banyak berinteraksi (mempraktekkan) dengan orang yang bisa berbahasa Jerman, i.e. lewat chatting, mail2an ataupun berbicara langsung.

Gender dan artikel sangat penting posisinya dalam kalimat bahasa jerman karena pada tahap berikutnya dibutuhkan untuk pemakaian akkusative, dative dan genitive.

Ingat, ada beberapa kata dalam bahasa Jerman yang jika lain artikelnya lain pula maknanya. der See berarti danau sementara die See adalah laut/lautan.
der Golf (teluk) dan die Golf (olahraga golf)
der Junge (untuk boy) sementara das Junge (young animal).der Leiter (pimpinan) sementara die Leiter (tangga).

basicgerman.blogspot.com

0 comments:

Followers