Panduan Pola Makan Anda Teratur

Makan secara teratur adalah pola makan yang sehat bila anda mekan secara teratur dan olehraga teratur tentunya anda akan terhindar dari penyakit, pola makan teratur sangat di anjurkan oleh dokter gizi dan jangan hanya di sibukan oleh kegiatan rutinitas anda saja sampai anda melupakan jadwal makan anda.

Pola makan yang tepat adalah tiga kali makan besar dengan porsi sedang serta 2 - 3 kali makan selingan. Yang dimaksud dengan makan selingan, adalah berupa memakan buah-buahan, salad sayur, salad buah, atau biskuit gandum. Dengan menjalankan tips menjaga pola makan teratur tersebut di atas harapannya asupan gizi terpenuhi dan bobot tubuh bisa terjaga.

Faedah lain dari membiasakan diri menjaga pola makan teratur, selain menghindari maag, juga menjaga kadar gula dalam darah agar tidak turun. Karena sudah menjadi hal yang baku, 1,5 hingga 3 jam setelah makan kadar gula darah akan turun tergantung makanan yang dikonsumsi. Perlu diketahui pula, kadar gula rendah dalam darah dapat menimbulkan kelelahan dan lemas sehinggaa mengganggu produktivitas kerja.

Untuk menyikapinya, selain mengatur jadual pola makan, perhatikan pula asupan makanan yang dikonsumsi dalam hidangann sehari-hari. Sesuaikanlah dengan kebutuhan tubuh, semisal berat tubuh, usia, jenis kelamin, aktivitas, dan penyakit yang berbeda-beda pada setiap orang.

Ikutilah konsep gizi seimbang dengan porsi yang disesuaikan, atau lakukanlah diet sehat. Maksudnya, bukan saja mengurangi porsi makan namun termasuk melakukan gabungan makanan dan minuman dalam hidangan. Cara yang paling optimal adalah dengan menyediakan protein hewani dan nabati, karbohidrat, lemak, sayur, dan buah. Apabila sudah terpenuhi maka tubuh akan senantiasa sehat dan produktivitas pun akan meningkat.

Demikian pembahasannya tentang pola makan yang sehat semoga bermanfaat untuk anda, temukan info menarik tentang Kursus Masak



Temukan artikel terkait:  Tips Makan Siang Sehat

0 komentar:

Followers