Cara Tepat Mertawat Perhiasan

Perhiasan yang anda pakai perlu perawatan yang baik dan benar agar tetap berkilau atau tetap indah saat di pakai oleh karena itu anda harus tau cara merawatnya, berikut ada beberapa tipsnya:

Berlian
Mungkin Anda sering mendengar cara membersihkan batu permata atau berlian menggunakan pasta gigi supaya tetap bersinar. Padahal cara ini salah. Pasta gigi memang tidak akan merusak batu permata, tapi akan merusak lapisan luar berlian yang berfungsi untuk melindungi berlian dari goresan, atau dari emas pengikat berlian.
cara terbaik untuk mencuci permata adalah dengan menggunakan busa sabun (bukan deterjen,) ditambah air hangat. Kemudian sikat dengan sikat gigi anak (atau sikat gigi yang bulunya lembut). Biarkan mengering di atas kain lap yang lembut.

Emas
Lepaskan perhiasan emas Anda tiap kali akan mandi dan mencuci. ''Sabun dan deterjen bisa membuat karat emas menjadi kusam dan tidak mengkilap,''jelas Castoro. Sedangkan sabun pencuci emas yang biasa dijual hanya bisa mempertahankan kondisi emas yang ada sekarang, bukan mengembalikan seperti ketika Anda membelinya pertama kali.
Untuk perhiasan yang memang masih mengkilap, gunakan sabun cuci piring yang lembut, lalu larutkan dalam air hangat. Sikat, tapi jangan ditekan. Sedangkan untuk emas yang sudah tidak lagi mengilap, campurkan beberapa tetes amonia ke dalam air larutan busa (air hangat), kemudian sikat dengan hati-hati. Bilas, dan biarkan mengering sendiri.

Mutiara
Menurut Kathy Higginbotham, direktur departemen kendali mutu Silpada Design, cara paling mudah untuk mengkilapkan mutiara yang kusam adalah dengan melarutkan satu sendok teh deterjen lembut (untuk pakaian anak,) dalam satu liter air.  Diamkan dan rendam selama 10 - 15 menit. Kemudian keringkan dengan kain yang halus (katun), dan biarkan mengering di atasnya. Setelah kering gunakan kantung dari bahan katun untuk menyimpannya. Jangan menggunakan plastik, dan pisahkan dari perhiasan lainnya. Untuk memastikan mutiara tetap cemerlang, jangan dibiarkan terlalu lama dalam kotak penyimpanan perhiasan. Ketika Anda selesai memakainya, cukup lepaskan dan lap dengan kain yang lembut.

Perak
Perhiasan perak tak kalah maraknya dengan emas, bahkan lebih banyak orang menyukai bahan ini karena lebih murah dan tak terlalu menyolok seperti emas kuning. Umumnya penjual menyediakan fasilitas cuci perak, namun dengan tips berikut Anda bisa melakukannya sendiri di rumah.
1. Sediakan 1 lembar aluminium foil dan wadah/ baskom kecil. Pastikan lembar aluminium cukup untuk menutupi seluruh dasar wadah.
2. Letakkan perhiasan perak yang ingin dibersihkan di atas aluminium. Taburkan baking soda ke atas perhiasan, lalu tuang air panas.
3. Rendam hingga busa berhenti atau hilang, lalu bilas dan seka perak dengan kain lembut.
Dalam reaksi kimia, perak sulfida (kotorannya) akan memecah dan pindah ke aluminium foil, sehingga bisa langsung dibuang. Hasilnya: perhiasan perak Anda pun bersinar.

Zamrud
Menurut Carly Wickell, dari Guide to Jewelry, Anda harus membersihkan batu permata menggunakan air hangat yang dicampur busa deterjen yang lembut. Kemudian langsung keringkan batu tersebut dengan kain lap yang lembut. Jangan merendam, sebab batu jenis ini mengisap zat-zat di dalam air, sehigga warnanya bisa berubah. Cairan pembersih yang dijual bebas juga bisa megubah warna dari bebatuan jenis ini menjadi kusam.

Perhiasan dengan permukaan bertekstur
''Gunakan sikat kuningan yang bisa ditemukan di toko cat atau toko material. Kemudian cuci dengan menggunakan air sabun, terutama untuk perhiasan 14 karat,'' demikian tips dari Jessica Hicks, ahli perhiasan. Gunakan kuas dengan bulu yang kecil untuk membersihkan permukaan emas yang berlekuk. Sedangkan sikat logam kuningan bisa membantu memberikan polesan yang bersinar. Untuk perhiasan dengan desain yang rumit, gunakan pembersih perak khusus yang bisa masuk ke bagian yang sulit dijangkau, kemudian seka dengan kain lap.

Demikian tipsnya dalam merawat perhiasan yang baik dan benar semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan, temukan info menarik tentang Batu Permata



Temukan artikel terkait:  Menentukan Emas Kuning Atau Emas Putih Untuk Cincin Kawin

0 komentar:

Followers