Panduan Dalam Mencuci Botol Susu Bayi






Botol Susu - Batol susu merupakan salah satu perlengkapan wajib yang harus dimiliki untuk para ibu yang memiliki bayi, terdapat berbagai macam jenis botol bayi yang beredar dipasaran baik jenis, bahan pembuatnya dan ukurannya.

Terlepas dari itu semua ada hal yang penting yang kadang terlewatkan oleh sang bunda yaitu bagimana kebersihan dan cara mencuci botol susu bayi yang aman itu. Tidak hanya bersih secara kasat mata, botol susu bayi yang aman pun harus steril agar tidak menimbulkan masalah jika telah digunakan untuk sang buah hati,

Berikut ini tips cara mencuci botol susu bayi yang aman yang kami kutip dari okezone.com
  • Sebelum mencuci botol, cuci tangan sampai bersih dengan sabun dan gosok dengan baik selama kurang lebih 20 detik.
  • Pisahkan semua bagian botol - badan botol, dot, antisedak, lingkaran untuk menempel dot dan tutup botol. Bersihkan menggunakan sikat botol – yang lembut dan ramping – juga sabun pencuci khusus yang aman hingga ke sela-sela bagian botol. Setelah itu, bilas di air mengalir dan pastikan botol dan dot bersih dari sisa-sisa susu atau sabun.
  • Setelah botol dan dot selesai dicuci, siapkan air panas – menutup semua bagian botol - yang sudah dididihkan dalam panci. Akan lebih baik jika air yang digunakan adalah air mineral yang dididihkan, karena kualitas air keran di tiap rumah berbeda-beda. Ada jenis air yang jika dipanaskan akan mengristal dan bisa mengendap dalam botol, biasanya ditandai dengan lapisan tipis yang mengambang di atas permukaan air saat Moms membuatkan susu untuk si kecil.
  • Rebus botol lalu diamkan sekitar 15 menit.
  • Selain merebus, Moms juga bisa menggunakan alat sterilisator untuk mensterilkan botol si kecil.
  • Setelah proses sterilisasi/merebus botol selesai, angkat botol dengan penjepit botol susu dan tiriskan. Keringkan dengan lap kering berbahan handuk yang bersih (sediakan lap khusus untuk membersihkan botol susu bayi, jangan dicampur dengan lap lainnya!) atau biarkan botol kering dengan sendirinya. Simpan botol pada wadah plastik yang bersih dan non-toksik.
  • Ingat! Jangan sampai botol dibiarkan begitu saja di dalam panci atau alat pensteril botol hingga airnya dingin kembali. Kalau sudah begini, langkah pensterilan jadi sia-sia karena mikroorganisme lain seperti bakteri, kuman, dan yang paling banyak adalah jamur, akan masuk kembali ke air tersebut dan menempel lagi pada botol susu. Semogo bermanfaat


Info Terkait:

0 komentar:

Followers