Pesona Desain Batik Khas Sumatera


Mungkin jika di bandingkan dengan Batik standar pada umumnya, pastinya hanya segelintir orang saja yang mengenal tentang Batik Sumatera, ya sejatinya memang batik sumatera sendiri memang di lahirkan dan di besarkan hanya di tanah kelahirannya saja. Tak seperti batik daerah jawa pada umumnya, batik sumatera memang di daulat tidak sepopuler batik konvensional secara dari rend dan desainnya cukup mempunyai perbedaan yang khas.

Jika di bandingkan dengan batik sejenis, bisa dibilang batik sumatera merupakan perpaduan dari 2 kebudayaan yang berbeda satu sama lain, mengapa? Karena pada batik sumatera ini bisa kita temukan desain batik jawa yang cukup kental dengan penyatuan motif batik Palembang. Biasanya motif yang di gunakan terdiri dari kembang jepri, sisik ikan, gribik, encim, kembang, bakung, kerak mutung, sembagi, dan salahi.

Ada pun batik Besurek yang cukup unik dan sedap di pandang, batik besurek sendiri mempunyai motif yang cukup unik karena batik ini menggunakan motif dan corak kaligrafi huruf arab pada tiap desain batik nya. Selain motif kaligrafi arab pada batik besurek, motif bulan dan abstrak lain kerap menghiasi kain batik besurek yang cukup terkenal di pulau sumatera itu. Batik besurek sendiri mempunyai karakter dan motif yang khas jika di bandingkan batik asal sumatera lain, maka bisa di bilang jika Batik besurek jauh lebih unik dan eksentrik baik dari segi harga dan desainnya yang artistic

0 komentar:

Followers