Tips JItu Perawatan Mencuci Motor



Mencuci motor sendiri memang memiliki kepuasan tersendiri karena dari situ anda bisa belajar apa saja yang harus anda lakukan untuk merawat kendaraan anda, agar tidak sembarangan mencucinya ada beberapa tips untuk anda:

1. Penggunaan shampoo mobil/motor adalah yang paling baik untuk digunakan mencuci motor kita, jangan pernah memakai detergent (sabun colek, sabun cuci baju, dll) untuk mencuci bagian body motor, karena kandungannya sangat keras dan tidak sesuai untuk cat motor kita. Memang shampo motor/mobil terbilang mahal, namun yang penting jangka panjangnya cat motor kita akan terawat terus. Untuk bagian lain seperti shock, ban, blok mesin, dan bagian lain yg bukan merupakan bagian dari cat utama. Boleh saja menggunakan sabun detergent untuk membersihkannya.

2. Pakailah bahan yang lembut dan tidak membuat cat baret, seperti gunakan salah satu jenis applicator ini: grout sponge, sea sponge, wash mitt, lambs wool, dan jangan gunakan busa jok atau busa lainnya yang berpori kasar dan kecil-kecil. Karena jenis busa ini cenderung kasar dan menahan pasir (bukan memerangkap pasir di dalamnya), cari yang porinya besar-besar sehingga kemungkinan terjadinya baret halus (swirl mark) lebih kecil, karena pasir yg tertinggal di body akan terperangkap di dalam pori bahan tersebut.

3. Ini yang perlu diperhatikan siapkan dua buah ember. Yang satu berisi shampoo yg sudah tercampur air, dan yang satunya lagi hanya berisi air bersih saja.

Paling enak memang bila mencucinya dengan mesin steam motor karena lebih mudah dan gampang tapi yang kita akan lakukan adalah memcuci motor dengan cara manual sendirian, Tahap pertama yang harus di lakukan saat mencuci motor anda adalah sirami atau mandikan motor anda semprot dengan selang pembersih motor untuk meluruhkan kotroran yang ada di motor anda, lalu campurkan sampo motor kedalam 1 ember air, dimulai dari bagian atas dulu, dan ingat sebelum pindah ke bagian yang lain masukkan dulu applicator tersebut ke ember 2 yg berisi air saja, usapkan ke body hingga sisa kotoran dan shampoo turun, baru ulangi lagi langkah awal hingga selesai ke bagian akhir dari motor. ulangi terus sampai yakin benar kalau motor sudah benar-benar bersih. Semprot kembali bagian yang sudah dibersihkan tersebut, hingga sisa sabun hilang dan benar-benar bersih.

Langkah selanjutnya keringkan partkel air yang masih membasahi motor anda dengan lap kanebo sampai ke bagian celah-celah motor dan kanebo di peras untuk mengeluarkan air yang di serap, sehingga tetap bersih. Jangan tinggalkan bercak air sedikitpun, karena bercak air yg tertinggal berpotensi untuk menciptakan bekas noda air (water spot) yang nantinya cukup susah untuk menghilangkannya.

Temukan artikel terkait: Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan

0 komentar:

Followers