Belajar Teknik Pembuatan Kerajinan Perak





Kerajinan Perak - Kerajinan perak seperti hal kerajinan batik atau pun yg lainnya yg tercipta dgn berbagai cara dan teknik ada yg dibuat langsung oleh tangan ataupun hasil dari cetakan mesin, namun biasanya tuk kerajinan perak yg dibuat langsung oleh tangan mempunyai nilai seni dan harga jual yg terbilang tinggi.

Berikut ini mengenal beberapa teknik dalam pembuatan kerajinan tangan:



Kerajinan Tangan Yg Dibuat Langsung Oleh Tangan
Seperti namanya proses pembuatan kerajian perak ini seluruhnya dibuat langsung oleh tangan atau handmade, dimulai dari desain kerajinan peraknya hingga proses pembuatan dan finishingnya selurunya dibuat oleh tangan, namun yg perlu anda ketahui bahwa kerajinan perak handmade ini dibagi menjadi dua katagori yaitu: Filigree dan Solid Silver

Perak Filigree atau yg di Kotagede sering dikenal dgn istilah perak Trap adalah jenis kerajinan perak yg bermaterial benang/kawat perak yg sangat lembut yg dipilin dan dipres/dibuat plat. Benang-benang perak inilah yg digunakan tuk membuat motif atau dekorasi kerajinan perak.

Benang perak/filigree ini bukan hanya digunakan tuk membuat perhiasan/asesories saja, tapi juga digunakan tuk membuat bermacam-macam miniatur seperti miniatur becak, kereta kuda, harley davidson dan juga bermacam-macam hiasan dinding seperti hiasan motif wayg dan lain sebagainya. Sampai sekrang teknik ini menjadi andalah para pengrajin karena proses pembuatan masih tidak dapat dilakukan oleh mesin>

Solid Silver. Kerajinan perak ini berbahan utama perak lempengan/lembaran perak. Material ini lebih fleksibel tuk dibentuk atau digunakan membuat kerajinan perak. Biasanya digunakan sebagai bahan utama tuk membuat perlengkapan makan dari perak seperti nampan, piring, mangkok dan lain sebagainya. Selain itu juga sering digunakan tuk membuat miniatur dan perhiasan-perhiasan.



Kerajinan Perak Cetakan/Casting
Kerajinan perak ini sering dijadikan alternatif produksi kerajinan perak. Terutama tuk permintaan produk dgn kuantitas besar dan waktu yg terbatas.
Sebenarnya sistem pembuatan perak cetak/casting ini ada beberapa tehnik. Dari yg menggunakan peralatan sederhana sampai penggunaan mesin casting sentrifugal yg lumayan mahal harganya. Dan biasanya produk perhiasan yg ada di pasaran dibuat dgnmesin casting sentrifugal.

Meskipun begitu proses akhir (finishing) dari proses perak cetakan ini masih menggunakan tangan di antaranya, pengikiran dan pengamplasan bekas-bekas cetakan yg kurang rapi, oleh karena itu teknik ini masih campuran antara mesin dan kreatifitas tangan manusia



Kerajinan Perak buatan Mesin/Machinery
Kerajinan perak dgn sistem produksi mesin juga merupakan sistem produksi massal seperti casting. Hanya saja di sini digunakan mesin sebagai ganti mesin casting. Dan Tuk semua proses pengerjaan semua bergantung pada mesin, sehingga terkadang hasil yg diperoleh tidak seindah buatan tangan manusia langsung.

Sumber: artstudio76.com


Info Terkait:





0 komentar:

Daftar Blog Saya

Followers