Cara Jitu Agar Tidak Mabuk Perjalanan

Health - Anda termasuk orang yang mudah terserang mabuk di perjalanan? Pusing, pandangan berkunang-kunang dan akhirnya muntah? Baca artikel ini dan temukan solusinya.

Mabuk dalam perjalanan biasanya diakibatkan oleh gagalnya tubuh beradaptasi dengan kondisi dan situasi yang dialami. Misalnya, saat naik motor atau menyebreang laut dengan kapal, maka tubuh harus menyesuaikan diri dengan kondisi. Kecepatan laju kendaraan, medan yang dilalui hingga factor pendukung lainnya seperti cuaca menjadi factor yang harus segera diantisipasi oleh tubuh. Ketidaksiapan atau kegagalan tubuh beradaptasi itulah yang pada akhirnya memunculkan gejala mual, pusing kepala dan muntah.

Sebenarnya ada cara ampuh untuk mengatasi mabuk selama di perjalanan. Pertama, usahakan terlebih dahulu mengisi perut alias makan sebelum bepergian. Jangan terlampau kenyang, secukupnya saja. Perut yang kenyang membuat lambung tidak memproduksi gas berlebih yang pada akhirnya akan mengakibatkan perut kembung dan mual.

Kedua, minumlah obat anti mabuk. Jika mulai terasa pusing maka carilah udara segar atau hembusan angin sambil hiruplah nafas dalam-dalam. Beberapa orang juga mengatasi pusing dengan mengoleskan minyak kayu putih pada perut dan hidung mereka.

Ketiga, usahakan tidak terlalu capai sebelum bepergian. Istirahatlah yang cukup malam sebelumnya. Fisik yang prima akan membantu anda menjalani aktivitas dengan lebih bugar sehingga kemungkinan mabuk di perjalanan dapat berkurang. Selamat mencoba. (yuk)

0 komentar:

Followers