Tips Merawat Anjing Hamil


Perawatan Anjing - Pemacakan yg tepat dan berhasil pada saat betina fertile , anjing akan mengalami kehamilan dan kelahiran rata-rata setelah 57 – 63 hari. Selama masa kehamilan pemberian pakan yg baik sangat diperlukan, 3 sampai 4 minggu menjelang kelahiran dosis makanan harus ditambahkan 25 – 30 % lebih banyak. Namun harus diperhatikan jangan sampai terjadi kelebihan berat badan karena dapat menyebabkan resiko inertia uterine.

Anjing yg hamil membutuhkan tambahan vitamin dan mineral pada masa kehamilan, beberapa breeder memberikan tablet kalk dan vitamin untuk anjing hamil, namun kebutuhan kalsium dan vitamin D yg banyak selama akhir kebuntingan juga dapat menyebabkan preidsposisi terhadap eklamsi dan distokia dan menyebabkan kalsifikasi jaringan lunak, abnormalitas fisik dan dilatasi gastric pada neonates, sebenarnya kebutuhan kalsium pada saat anjing hamil terpenuhi dgn cukup memberikan diet makanan yg baik.

Perawatan anjing - Beberapa kasus anjing yg akan melahirkan ditandai dgn rontoknya bulu-bulu disekitar puting susu tapi seandainya tidak bulu-bulu sekitar puting susu digunting untuk kebersihan dan memudahkan anak anjing mencari susu, juga terjadi perubahan pada kelenjar susu yg membengkak yg terisi penuh air susu, serta terjadi perubahaan warna puting susu namun pada beberapa kasus hal itu tidak terjadi, malah beberapa kasus produksi susu lebih dari dua minggu menjelang kelahiran.

Perawatan anjing - Saat tiba kelahiran sebaikanya sang induk mulai diperkenalan tempat untuk kelahiran minimal satu minggu menjelang kelahiran, sebaiknya ditempatkan sanitasi/lingkungan yg bersih dan tidak dilalui oleh banyak orang, gejala menjelang kelahiran terlihat sang induk akan mulai gelisah beberapa kasus anjing mulai menggorek tanah/lantai, tempat yg disediakan boks dgn kertas/Koran/kain , akan kelihatan calon induk menyobek-nyobek kertas/Koran/kain. Beberapa kasus akan didapatkan anjing muntah sebelum kontraksi dimulai, gejala konstraksi dimulai dan terjadi penurunan suhu tubuh, penurunan suhu tubuh berkisar 37 ®celcius beberapa jam hingga sehari menjelang kelahiran

Setelah kelahiran tiba sang induk harus segera dibersihkan dari sisa-sisa ari, dan ketuban dan sediakan kain yg bersih buat anak-anak dan induknya.

Sumber: www.anjingbagus.com

Temukan Info Lain Seputar Perawatan Anjing

0 komentar:

Followers