Cara Mereparasi AC Di Rumah

Gangguan atau masalah air conditioner/AC kerap kali membuat kesal dan jengkel pemilik nya apalagi disaat musim panas berkepanjangan otomatis kita akan sering menggunakan jasa service AC, Beberapa hal yang sering terjadi yaitu: AC tidak dingin, mengeluarkan suara berisik pada outdoor, terjadi kebocoran pada indoor (air AC menetes dari indoor). bagaimana cara mengatasinya jika terdapat seperti ini..???


1. AC tidak dingin, AC fungsi utamanya adalah untuk mendinginkan ruangan agar sejuk dan bersih. Pastikan setting remote anda sudah benar pada posisi Cool atupun auto, posisi cool berlambang bintang(*), Saringan/filter AC sudah kotor jadi menghambat sirkulasi udara, Evaporator AC sudah kotor sehingga menghambat penyerapan udara panas karena pipa evaporator penuh dengan debu-debu ataupun kotoran.freon AC habis. Bersihkan saringan AC yang terdapat pada indoor 2 minggu sekali, dan Bersihkan Evaporator indoor/outdoor minimal 3 bulan sekali, Isi freon atau tambah freon AC sesuai dengan kapasitas AC.

2. Suara yang berisik dari indoor ataupun outdoor, biasanya ini terjadi karena kedudukan indoor dan outdoor tidak rata pada tembok usahakan pemasangan bracket di posisi yang pas pada tembok, pemasangan cover body AC kurang pas,kencangkan mur-mur penyangganya.

3. Kebocoran indoor, Air AC menetes dari indoor sehingga kamar/ruangan menjadi becek dengan air, biasanya memang dari AC mengeluarkan air karena proses kondensasi AC, Posisi Indoor yang miring menyebabkan air buangan AC tidak terbuang, lubang pembuangan air AC tersumbat dengan kotoran, betulkan posisi indoor yang miring pada permukaan tembok, bersihkan bak penampungan AC dan lubang pembuangan.

Sumber

0 komentar:

Followers