Kue Tradisional ala Jepang, Dorayaki


Mungkin beberapa dari Anda tak asing dengan makanan bernama dorayaki ataupun konyaku. Ya, mereka adalah kudapan tradisional yang selalu tersaji di Jepang, namun populer juga di Indonesia.

Nama Kue dorayaki sangat familier buat masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di kota besar. Hal itu lantaran kudapan tersebut kerap dikonsumsi oleh Nobita, tokoh dalam film kartun hit Doraemon. Nobita yang tiap hari selalu menyantap kue dorayaki bisa jadi merupakan gambaran kecil betapa panganan ini sangat lekat dengan keseharian masyarakat di Negeri Sakura.

Irwan, salah seorang koki dari Restoran Basara Jakarta, membenarkan bahwa dorayaki sangat populer di Jepang. Bahkan kini kepopulerannya sudah menular ke negara-negara di Asia lainnya. Dorayaki termasuk ke dalam golongan kue tradisional Jepang (wagashi) yang bentuknya bundar sedikit tembam, terdiri atas dua lembar kue yang direkatkan dengan selai kacang merah.

Kue Dorayaki memiliki tekstur lembut dan mirip dengan kue Jepang yang disebut kastela karena adonannya mengandung madu.

“Dorayaki memang makanan kesukaan masyarakat Jepang. Selain terdapat variasi rasa, Kue dorayaki juga mudah didapat,” ujar Iwan dalam sebuah seminar masakan Jepang yang diadakan The Japan Foundation Jakarta, beberapa waktu lalu.

Varian dorayaki di antaranya dorayaki orisinal, dorayaki cokelat, dorayaki kacang merah, dan dorayaki ubi. Irwan menuturkan, biasanya variasi rasa tersebut dibuat berdasarkan musim panen. Misalnya pada musim kacang merah, orang Jepang bakal menggunakan jenis kacang itu untuk isian Kue dorayaki.

source: okefood.com

0 komentar:

Followers