Seni Keterampilan Merangkai Bunga



Jika Anda merasa tidak memiliki keterampilan khusus merangkai bunga, bukan berarti Anda tidak bisa mempercantik ruangan dengan tataan bunga yang cantik. Kini rangkaian bunga yang populer cenderung lebih simpel sehingga mudah dibuat oleh orang awam sekalipun.

Anda tidak harus kaku dalam memilih wadah ketika merangkai bunga. Tidak hanya terbatas vas, Anda bisa memanfaatkan bermacam wadah lain yang ada di lemari peralatan rumah tangga Anda, diantaranya seperti :

* Vas bening bentuk bulat direkatkan double tape di sekelilingnya dan ditempelkan daun pakis. Ditambahkan bunga jengger ayam merah dan daun stock.
* Vas kotak bening diisi dengan susunan batang bambu air mengikuti bentuk vas, bunga baby's breath, dan daun kucai.
* Vas akrilik warna hijau bentuk kotak berisi daun ruscus dan florist/bunga gerbera kuning.

Seni dalam Rangkaian Bunga untuk hiasan interior rumah memang busa membuat suasana dalam hunian lebih hidup. Semarak warna bunga yang cerah akan menyegarkan pandangan mata. Namun rangkaian bunga potong usianya tergolong pendek. Jika Anda kurang perhatian, bunga akan cepat layu dan mengering.

Berikut tips merangkai bunga agar tetap segar dan cantik :

* Memilih bunga
Saat membeli bunga, pilihlah yang betul-betul segar. Perhatikan batangnya. Pilih yang batangnya belum lemas dan masih sedikit menguncup. Bunga seperti ini bisa lebih lama dipajang sebagai penghias ruangan. Jika membeli bunga yang sudah mekar, Anda hanya akan bisa menikmatinya sebentar karena bunga lekas layu.

* Menyiapkan bunga
Sebelum diletakkan di vas cantik, rapikan bunga. Jika masih terdapat daun, buang daunnya. Sebab daun yang masih menempel bisa membuat bunga cepat layu. Potong batang bunga dengan posisi miring. Dengan begitu, batang bunga bisa menyerap air lebih banyak. Setiap merangkai bunga, ukur batang bunga segar atau daun sehingga tahu seberapa panjang batang yang akan dipotong. Potong batang bunga secara menyerong agar gampang ditusukkan ke oasis.

* Meletakkan bunga
Siapkan vas bunga yang akan dipakai untuk merangkai bunga. Bersihkan dari kotoran agar bunga lebih awet. Lalu masukkan bunga. Pastikan tiap batang bunga bisa leluasa menyerap air. Anda bisa saja menggunakan busa oasis agar bunga segar atau daun lebih awet. Sesuaikan ukuran oasis dengan vas yang akan digunakan. Jika perlu, potong oasis sesuai bentuk vas. Sebelum dimasukkan ke dalam vas, rendam dahulu oasis hingga penuh terisi air. Selalu periksa supaya oasis tidak kering sehingga pasokan air untuk bunga terjaga. Setelah rangkaian bunga siap, Anda bisa meletakkannya di beberapa sudut ruang sebagai pemanis interior.

Untuk memudahkan dalam Rangkaian Bunga, jangan lupa untuk :

* Jangan meletakkan rangkaian bunga di tempat yang terkena cahaya matahari langsung. Hal itu akan membuat bunga lekas layu.
* Jika kelopak bunga berjatuhan ke dalam air, segera bersihkan. Kelopak yang terendam air akan membusuk dan menimbulkan bakteri di air yang membuat bunga tak segar lagi.
* Rajin-rajinlah mengganti air dalam wadah bunga setiap hari. Saat mengganti air, Anda juga harus memotong batang bunga yang sudah mulai membusuk.

Siapapun bisa menjadi florist decoration handal baik merangkai bunga kering maupun yang segar, asalkan ada kemauan.

anneahira.com

0 komentar:

Followers