Kita Buat Selimut Bantal Yuks


Di zaman serba praktis ini, bantal pun tak mau ketinggalan. Kini, bantal bisa dimodifikasi menjadi selimut alias bamut (bantal selimut). Anda pun bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Ingin tahu caranya, ikuti langkah-langkah berikut!

astrid isnawati

bahan
1. Kain:
a. Ukuran kecil (120 x 220): 2,5 meter
b. Ukuran sedang (150 x 220): 3,1 meter
c. Ukuran besar (200 x 240): 4,4 meter
2. Silikon, disesuaikan dengan ukuran bamut yang akan dibuat
3. Ritsleting
a. Ukuran kecil: 1,24 meter
b. Ukuran sedang: 1,55 meter
c. Ukuran besar: 1,74 meter

alat
1. Mesin jahit
2. Gunting
3. Benang
4. Kapur jahit
5. Meteran

cara membuat:

1. Potonglah kain
bantal selimut sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Contohnya, jika ingin membuat bamut ukuran sedang, potong kain dengan ukuran 150 x 220 cm.)
2. Sisakan ukuran 150 x 20 cm dari kain yang telah dipotong tadi, sebanyak dua lembar. Gunanya untuk membuat rumbai-rumbai dan pegangan pada bamut.
3. Potong silikon sesuai lebar bamut yang akan dibuat. Misalnya, untuk membuat bamut berukuran sedang, potong silikon sepanjang 150 x 220 cm.
4. Bagian belakang kain
selimut dan silikon lalu dijahit bersamaan pinggirannya. Lakukan hal yang sama pada dua lembar kain yang disisakan tadi, untuk pegangan bamut.
5. Setelah selesai, hasil jahitan tadi digambar pola sesuai selera dengan menggunakan kapur. Gunakan papan triplek atau penggaris kayu agar pola jahitan lebih rapih. Pola paling sederhana adalah sisik ikan, seperti yang sering ditemui pada kebanyakan bed cover.
6. Kemudian kain dijahit sesuai dengan pola yang dibuat. Lalu pasang rumbai-rumbai dan pegangannya.
7. Untuk bamut ukuran sedang, patokan memasang pegangannya adalah tepat di tengah bagian kain yang sudah terpola.
8. Terakhir, pasang ritsleting di semua sisi bamut.

tips:
• jika ingin membuat three in one (bantal, selimut, atau sleeping bag), bahan yang dibutuhkan adalah kain ukuran besar. Untuk bamut, bisa dipilih antara kain ukuran kecil dan ukuran sedang



Source : http://tabloidnova.com

0 komentar:

Followers