Menu Bekal Sekolah Anak

Apa bekal yang Anda siapkan buat anak-anak? Biskuit, nasi goreng, roti isi atau nasi putih plus nugget? Apakah sekedar makanan murah? Apakah bekalnya dihabiskan atau dibawa pulang dalam keadaan utuh? Supaya anak-anak tak bosan dengan bekal sekolahnya, ada baiknya buatlah variasi. Bakal yang enak dan penuh nutrisi akan membuat anak semangat dan tetap sehat. Simak saja info lengkapnya di sini!

Tak Hanya Nasi

Janganlah terpaku pada menu nasi lengkap dengan lauk-pauk atau nasi goreng. Agar tak bosan, cobalah buat menu selama seminggu. Susun menu berselang-seling misalnya nasi, mi, roti, spaghetti, roti dan kentang. banyak resep-resep praktis yang bisa dicoba tanpa perlu takut repot di pagi hari. Dengan susunan menu ini daftar belanja dan persiapan bahan bisa dilakukan sehari sebelumnya bahkan bisa didelegasikan pada pembantu di rumah. Anda tinggal mengecek saja. Jika perlu, ajak si kecil memilih makanan dan menyusun dalam menu bekalnya sehingga ia merasa senang sekaligus melatihnya bertanggungjawab atas pilihannya.

Lauk-pauk

Saat memilih lauk-pauk atau paduan untuk isi bekal, perhatikan bahwa lauk-pauk harus mencukupi kebutuhan nutrisi anak, cukup mengandung protein. Bisa berupa protein hewani seperti ayam, daging, telur dan berbagai olahan daging. Bisa juga protein nabati seperti kacang-kacangan, tahu, dan tempe. Buat paduan rasa yang berbeda supaya anak tidak bosan.

Sayuran

Unsur penting dalam bekal yang sebaiknya jangan dilewatkan adalah sayuran segar. Bisa berupa sayuran tumis. Atau sayuran yang dicampurkan dalam nasi tim, nasi goreng, atau bakmi goreng. Bisa juga dalam bentuk salad dengan saus yang enak.

Pelengkap

Jika ada, potongan buah segar, jus buah bisa Anda bawakan dalam kotak bekal. Jika ternyata ia ada di sekolah sampai sore, bawakan juga beberapa potong biskuit atau kue. Air putih yang cukup akan membuat kesegaran tubuh si kecil tetap terjaga. Hindari membawkan makanan manis seperti permen, cokelat atau minuman ringan bersoda.

Yang penting adalah jangan asal memilih makanan murah untuk anak, pilihlah yang sehat.

http://food.detik.com

0 komentar:

Followers