Dansa Di Rumah Dansa



Dansa adalah bentuk seni tari sebagai hasil budaya barat yang telah mendunia. Dalam dansa, gerakan indah penuh pesona menjadi ciri khas yang sangat kentara. Dan sekarang ini, di belahan dunia manapun, termasuk indonesia, dansa berkembang menjadi bagian dari gaya hidup manusia cth latin bali.

Dari halaman wikipedia disebutkan, tari adalah gerak tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran. Bunyi-bunyian yang disebut musik pengiring tari mengatur gerakan penari dan memperkuat maksud yang ingin disampaikan.

Gerakan tari berbeda dari gerakan sehari-hari seperti berlari, berjalan, atau bersenam. Menurut jenisnya, tari digolongkan menjadi tari rakyat, tari klasik, dan tari kreasi baru. Dansa adalah tari asal kebudayaan barat yang dilakukan pasangan pria-wanita dengan berpegangan tangan atau berpelukan sambil diiringi musik cthnya di latin dance center dan latin studio.

Dansa pada
latin dance center dan latin studio adalah kegiatan yang membutuhkan pasangan dan pasangan lainnya sebagai penyemarak.

Rumah dansa
merebaknya dansa-dansa asing ke indonesia ini juga punya imbas pada dansa tradisional, yang kemudian diadopsi menjadi line dance-dansa yang berbaris-baris itu.
Yang sangat populer saat ini dan barangkali membuat sebagian orang bahkan bosan melihatnya, adalah poco-poco,
latin bali. Poco poco, sajojo, serampang dua belas, menjadi akrab di lantai-lantai dansa. Khusus yang terakhir itu, serampang dua belas, mulai banyak ditarikan di lantai dansa seiring populernya penyanyi dari malaysia, siti nurhaliza yang menyanyikan lagu cindai dengan irama melayu. Sedangkan sajojo berasal dari indonesia timur.

Dari komunitas kita, penyuka dansa bisa berkunjung ke rumah dansa atau
latin center dan latin dance yang berlokasi di ruko golden boulevard, bsd. Pada prinsipnya, rumah dansa ini merupakan tempat untuk belajar dansa. “bagi yang ingin belajar dansa, rumah dansa adalah tempatnya,” kata pengelola rumah dansa, theresia anita.

Dijelaskan oleh anita, rumah dansa (
latin center dan latin dance) menyediakan pendidikan dansa dengan katagori dansa latin dan ballroom standar. Untuk dansa latin, bisa dipilih jenis dansa rumba, cha cha, jive, samba, dan salsa. Sedangkan pada dansa ballroom standar, tersedia jenis dansa waltz, tango, foxtrot, quick step, dan quick waltz.


http://ardi-ardo.blogspot.com

0 komentar:

Followers