Harapan Orang Tua Terhadap Anak

Banyak sekali harapan dan keinginan orang tua terhadap anaknya, khususnya dalam soal pendidikan. Dan harapan ini sudah tertanam sejak awal tahun ajaran baru. Tak heran, setelah anak-anak mulai masuk sekolah, bukan hanya peralatan sekolah yang disiapkan, orang tua juga sibuk mencari tempat bimbingan belajar agar anak-anak mereka tidak ketinggalan pelajaran. Banyak sekali tempat-tempat lembaga bimbingan belajar yang menawarkan pelajaran tambahan. Mulai dari pelajaran yang biasanya menjadi momok di kelas, seperti Matematika, IPA, Bahasa Ingris, hingga les-les yang berkaitan dengan pengembangan bakat anak di bidang kesenian.

Inilah yang kadang membuat orang tua kebingungan, mana yang akan dipilih duluan. Bukan hanya itu, orang tua juga bingung mana tempat lembaga bimbingan yang terbaik buat anak, sehingga ujung-ujungnya uang yang di keluarkan tidak sia-sia. Nah, berikut ini ada beberapa hal yang perlu perhatikan sebelum memilih tempat lembaga belajar buat anak.
- Perhatikan kualitasnya
Mencari tempat bimbingan belajar anak sama pentingnya dengan cari sekolah. Jangan asal murah maka kualitas tempat les belajar anak tersebut Anda abaikan sama sekali. Seperti kata sebuah iklan motor di televisi: "Boleh murah tapi jangan murahan". Artinya, selain pertimbangan biaya, pertimbangkan juga kualitasnya. Ya nggak? Kenapa? Karena memang kualitas tempat bimbingan belajar buat anak akan menentukan pula bagaimana kemampuan si anak kelak terhadap materi lembaga bimbingan belajar yang diajarkan kepadanya. Pertanyaannya sekarang, bagaimana kita bisa tahu tempat lembaga bimbingan itu berkualitas atau tidak? Ada 3 cara. Pertama, perhatikan kualitas lulusan atau mantan siswa yang pernah belajar di lembaga belajar. Anda bisa melihat atau menanyakan kepada mereka, bagaimana kualitas tempat bimbingan belajar anak tersebut. Kalau memang kualitas lulusan atau mantan siswanya cukup berprestasi Anda bisa cukup yakin bahwa tempat belajar anak tadi cukup baik kualitasnya.

Yang kedua, lihat kemampuan staf pengajarnya. Anda harus memastikan apakah staf pengajarnya memiliki cukup pengetahuan, tahu bagaimana memotivasi siswa dan memahami karakter anak-anak. Yang ketiga adalah metode pendidikan yang ditawarkan. Pastikan bahwa metode pendidikan yang ditawarkan cukup baik. Dengan demikian, uang yang Anda keluarkan tidak akan sia-sia.

- Cek lokasinya
Nah, ini. Masalah lokasi itu cukup penting lho karena bisa berpengaruh banyak terhadap biaya transportasi yang akan Anda keluarkan untuk si anak. Kalau tempat lesnya cukup jauh dari rumah, maka biaya transportasi yang dikeluarkan akan cukup besar, selain ada risiko anak juga akan mengalami kelelahan di perjalanan yang ujung-ujungnya bisa berpengaruh juga kepada penguasaan materinya. Sebagai tambahan, selain biaya transportasi, Anda juga harus mempertimbangkan untuk memberikan sedikit tambahan uang jajan buat si anak selama ia belajar di tempat les.

- Ajak anak Anda
Yang akan mengikuti les itu adalah anak Anda, bukan Anda. Karena itu, coba deh ajak dia untuk ikut mengecek tempat-tempat les tersebut sebelum Anda betul-betul memasukkannya ke situ. Sesekali tanyakan padanya apakah ia cocok dengan tempat kursus tersebut. Tanyakan juga padanya apakah ia nyaman dengan lingkungan tempat lesnya. Sebagai tambahan, pastikan juga bahwa ia tidak merasa terpaksa mengikuti les belajar tersebut. Ingat, jangan terlalu memaksakan kehendak Anda pada dirinya. Berusahalah untuk membujuknya dengan cara-cara yang menarik, agar ia juga bisa menikmati proses belajar yang ia jalani.

http://www.rajaraja.com/

Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action Sekarang

0 komentar:

Followers