Cara Kerja Detektif Swasta di Indonesia

Bisnis penyelidikan profesional terus tumbuh subur di Indonesia. Ada yang dijalankan perusahaan jasa keamanan, ada pula yang dilakukan perorangan. Tak ada sebutan resmi untuk profesi ini. Bisa Penyelidik Swasta profesional, Detektif Swasta, atau private investigator. Yang jelas, pekerjaan mereka mulai dari pengintaian, pencarian orang hilang atau menghilang (biasanya karena utang), menelisik data diri seseorang, menganalisa kondisi perusahaan, dan sebagainya. Semua dikerjakan dengan tarif yang tidak murah tentunya.

Jika pekerjaan dan harga sudah disepakati, Jasa Detektif biasanya akan meminta data seputar target. Misalnya jati diri, kebiasaannya, kendaraan yang dipakai, atau informasi-informasi lain sekecil apa pun yang bisa membantu penyelidikan. Walau tak jarang klien ternyata hanya punya nama target saja (nama panggilan pula) sehingga Penyelidik harus bekerja keras menemukan dan menggali informasi lain dari nol.

Nah, jika semua sudah oke, kini Jasa Detektif dan timnya mulai bergerak. Tapi, tunggu dulu! Mohon jangan membayangkan penampilan mereka seperti detektif-detektif di film Hollywood, yang berrwajah seram, jago berkelahi dan cepat main cabut pistol. “Biar tidak mencolok, penampilan biasa saja atau malah menyesuaikan sama lingkungan di sekitarnya,” jelas Tony yang sudah enam tahun menjalankan bisnis Penyelidik ini. “Semakin tersamar, semakin baik.” Selebihnya, Penyelidik Swasta banyak mengandalkan logika dan kreativitas untuk menggali informasi dan mengatasi segala kesulitan di lapangan.

Pengintaian harus matang, cara kencing pun dipikirkan
Tak salah ungkapan yang menyatakan: menunggu memang pekerjaan membosankan. Tapi bagi Detektif Swasta, menunggu sudah menjadi santapan harian. Terutama saat melakukan pengintaian. Berjam-jam, atau berhari-hari berada di tempat yang sama, harus dilakoni. Dalam sebuah pengintaian, persiapan haruslah matang. Makanan, minuman, termasuk cara buang air kecil, harus dipikirkan benar. Beberapa jam sekali, dilakukan pergantian shift dengan teman Detektif satu tim. Selain agar Penyelidik Swasta tidak kelelahan, juga untuk menghindari kecurigaan orang.

blogberita.net

Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action Sekarang

0 komentar:

Daftar Blog Saya

Followers