Cara Mencuci Sofa

Sofa bed merupakan furnitur yang selalu ada di setiap rumah, terutama untuk mengisi ruang tamu. Jika rumah Anda sering dikunjungi tamu, ini akan membuat sofa yang bisa dicuci di cuci sofa menjadi lebih cepat kotor. Dan jika sofa Anda yang bisa dibersihkan di cuci kain sofa dalam keadaan kotor karena sering digunakan dan tidak dirawat, tentunya sofa bed yang bisa dicuci di cuci spring bed tidak lagi nyaman untuk diduduki. Agar sofa tetap bersih dan nyaman, berikut beberapa tips membersihkan dan merawat sofa atau spring bed mattress.
1. Hindari meletakkan sofa atau spring bed di dekat sumber cahaya
Sinar matahari atau lampu yang langsung menyinari sofa atau spring bed mattress akan membuat warna sofa atau spring bed cepat menjadi kusam. Sinar matahari dan debu bisa membuat kulit dan pelapis sofa cepat retak.
2. Jangan meletakkan koran atau majalah di atas sofa
Karena tinta koran atau majalah bisa mengotori atau meninggalkan noda pada kain pembungkus sofa. Pakailah kain putih yang benar-benar bersih untuk membersihkan noda yang menempel pada kain pelapis sofa.
3. Bersihkan kain penutup sofa
Bagian sofa yang paling penting dibersihkan adalah kain penutupnya (cover). Biasanya daya tahan kain sofa maksimal lima tahun. Dan jika sofa Anda sudah berusia lima tahun, sebaiknya cover sofa harus segera diganti. Ada dua jenis cover pada sofa, cover yang bisa dilepas dari rangka atau cover menyatu dengan rangka. Jika cover mudah dilepas, Anda cuma perlu cuci kain. Sedangkan untuk yang tidak bisa dilepas, Anda harus rajin membersihkannya dengan vacuum cleaner minimal satu minggu sekali.

Sebelum Anda membersihkan sofa, perhatikan dulu jenis bahan cover sofa Anda. Karena dalam cover sofa banyak jenis bahan yang berbeda. Berikut beberapa jenis cover sofa yang mudah dilepas beserta perawatannya.
1. Bahan Katun
Penutup sofa jenis ini cukup dicuci sofa dengan air dan disetrika. Tapi jika sofa Anda menyatu dengan rangka, usahakan seminggu sekali membersihkannya dengan vacuum cleaner. Hal ini akan membantu mengurangi debu pada sofa.
2. Bahan Polyester
Bahan yang satu ini tidak boleh terkena air. Cara yang paling baik untuk membersihkannya adalah dengan cuci kain sofa dry cleaning.
3. Sutra (silk) dan wol
Penutup sofa dengan bahan sutra sangat jarang digunakan. Biasanya lebih sering digunakan untuk tirai atau sarung bantal sofa. Cara yang terbaik membersihkannya dengan cuci spring bed dry cleaning. Tetapi jika sofa Anda berbahan wol, sebaiknya tidak dicuci dengan air. Akan lebih aman mencucinya dengan sistem cuci kain dry cleaning.
4. Kulit
Khusus untuk sofa yang menggunakan kulit sebagai pembungkusnya, Anda harus rajin merawatnya dengan bahan khusus. Ada dua jenis bahan kulit, yaitu kulit asli (genuine leather) dan kulit sintetis. Untuk kulit yang asli bersihkanlah dengan pembersih khusus, biasanya berbentuk lotion tiap tiga bulan sekali. Tapi jaga intensitas pemakaiannya, terlalu sering menggunakan pembersih sofa juga akan merusak kulit sofa, karena kulit sofa sensitif terhadap cairan kimia.

Sedang untuk kulit yang sintetis, cukup dilap dengan lap kering atau setengah basah. Dan bila sofa kulit Anda terkena noda, segera bersihkan dengan menggunakan spons yang lembut. Anda bisa menggunakan air dan sabun biasa dan mengusapnya hingga permukaan kulit benar-benar kering.

Merry Sondang/berbagai sumber (http://www.propertykita.com/)

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Cuci Sofa ~ Cuci Kain Sofa ~ Sofa Bed ~ Kain Sofa ~ Cuci Spring Bed ~ Spring Bed Mattress ~ Cuci Kain ~ Spring Bed dan Cuci Sofa – Cuci Kain Sofa : Sofa Bed – Kain Sofa – Cuci Spring Bed & Spring Bed Mattress Bekasi di 88db.com

0 komentar:

Followers