Kiat Memulai Bisnis Souvenir

Usaha berjualan aneka handycraft/Model Plakat dan souvenir sebenarnya hampir sama dengan menjual pernak-pernik kebutuhan anak atau remaja, tetapi berbeda cara pembuatan dan distribusi penjualannya, tergantung target pembelinya.
Souvenir atau piala (silahkan lihat
Pembuatan Piala), tersebut bisa anda tambahkan sentuhan pribadi dengan dicetak/disablon/dibordir nama anak yang sedang ulang tahun/sunatan, nama orang/pasangan yang merayakan sesuatu, atau nama almamater sekolah (Toko Piala) bisa di Pembuatan Plakat atau Toko Plakat

Produk souvenir dan handycraft meliputi:

Souvenir dan handycraft untuk acara pernikahan: (mulai dari acara adat, akad nikah sampai resepsi): tempat lilin, lilin aromaterapi, asbak, kipas, note pad, kalendar unik, tas tangan kecil, tempat tisu, dompet uang receh dari kulit, pajangan dari keramik/kain/mika, bunga kering/poutpori dan sabun dengan aneka bentuk yang lucu.
-Souvenir untuk pesta ulang tahun anak-anak:aksesori, tas bekal, tas sekolah, handuk, bahthmantel, tempat tisu, gelas dan mug.
-Souvenir untuk acara dan syukuran sunatan: pernak-pernik sekolah, handuk.
Souvenir untuk acara ulang tahun remaja: dompet kecil, bathmantel, tempat handphone, dompet make-up, satu set make-up dan coklat/praline.
-Souvenir untuk perayaan kawin perak/emas: album kecil, kipas, asbak, piring, gelas, dan mug.
-Souvenir untuk acara reuni: kaos , topi, handuk, mug dan calendar dengan nuansa nostalgia.
-Souvenir untuk company gathering: tempat pulpen, 1 set pulpen, tempat kartu nama, dompet uang receh, agenda/time planner/memo-pad, kaos dan mug (klik disini Jual Piala).
-Souvenir untuk acara seminar dan pameran produk: payung, kaos, mug, gantungan kunci dan gantungan/tempat handphone dan Model Plakat.

Pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan:
-Info tempat-tempat penjualan souvenir atau handycraft (Toko Plakat /Toko Piala), mulai dari yang sederhana sampai yang unik, dari yang berharga murah (grosir) sampai yang berharga mahal dengan sentuhan pribadi.
-Info tempat kursus handyraft (keramik,lilin, clay, cokelat) atau Pembuatan Piala atau Pembuatan Plakat, yang menJual Piala dan Jual Plakat.
-Kemampuan menjalin hubungan baik dengan pelanggan (perorangan dan kantor) dan event organizer yang sering mengadakan acara gathering, seminar atau product launching.

Modal yang diperlukan:
-Anda hanya perlu satu ruangan khusus di rumah (garasi, paviliun atau ruangan tamu) anda juga bisa menyewa paviliun kecil sebagai showroom/galleri aneka souvenir yang anda tawarkan.
-Lemari dan rak-rak kaca untuk memajang aneka souverir dan handycraft.
-Album atau katalog produk yang pernah anda buat dan jual. Hal ini memudahkan calon pelanggan untuk memilih souvenir yang mereka inginkan.
-Sisihkan dana untuk mengikuti kursus membuat souvenir sehingga souvenir/handycraft produksi anda lebih bernilai seni, “tailormade” (bisa disesuaikan dengan keinginan pelanggan), dan harganya bisa anda “kendalikan” sendiri.

Kiat menjalankan usaha:
-Jika modal terbatas, anda bisa membatasi dengan Jual Plakat souvenir/handycraft pada satu segmen/jenis saja. Misalnya, untuk anak/remaja dan terbuat dari kertas/kayu.
-Jangan malas dan segan untuk belajar dan mengembangkan ide/kreasi anda. Souvenir menarik saja tidak cukup, anda harus punya ciri khas yang unik yang menjadi “icon” anda.
-Jangan terpaku pada souvenir buatan lokal (dalam negeri). Anda bisa browsing di internet untuk mencari info terbaru dan jenis-jenis souvenir yang bisa dibeli via internet.
-Jika anda membeli souvenir secara grosir (dibuat secara massal), berikan sentuhan pribadi anda, misalnya dengan menambahkan kemasan cantik atau pita/kertas kado daur ulang.

0 comments:

Followers