Kerajinan Tangan

Butuh Kesabaran dan Ketelitian
Orang seringkali menghargai orang lain dari besarnya suatu karya yang dihasilkannya. Tapi bagi pehobi kerajinan tangan miniatur dari keramik cth pernak pernik, Suvenir Keramik, Souvenir Keramik justru sebaliknya. Semakin mini dan unik hasil karya mereka, makin bangga mereka karenanya.
Mungkin belum banyak orang yang mengenal seni membuat kerajinan tangan miniatur seperti kerajinan keramik

Tips kerajinan Keramik / tangan dengan clay

Dalam perkembangan penggunaannya, clay kemudian dicampur dengan berbagai materi lainnya, seperti tanah liat, nylon, polymer, akrilik, dan lain sebagainya. Selain itu, clay kini juga memiliki wakrna yang beragam, mulai dari putih, coklat, kuning, krem, sampai hitam. Sayangnya, clay yang masih murni atau dicampur dengan bahan-bahan yang berasal dari tanah memiliki sifat yang sangat cepat mengering, mudah pecah atau patah jika dibentuk dengan sangat tebal, tidak mudah dibentuk kembali, membutuhkan panas bertemperatur tinggi untuk membuat bentuknya permanen, mudah mengecil, dan sangat rapuh. Karena itulah, jarang sekali pengrajin yang menggunakan clay jenis ini untuk membuat hasil karyanya.

Bagi para pengrajin yang tidak ingin membakar hasil karya clay-nya, maka nylon clay merupakan jalan keluarnya. Setelah dibentuk, clay akan mengeras dan tidak mudah pecah. Sayangnya, biasanya ukurannya akan mengecil setelah kering. Karena itu, disarankan untuk mengeringkannya secara perlahan dan bertahap agar ukurannya tidak berubah banyak tapi juga tidak retak atau pecah. Sedangkan plasticine clay memiliki sifat yang tidak mudah mengering, tidak terpengaruh air karena materi dasarnya dari minyak, bisa diwarnai, tidak beracun, bentuknya stabil dan tidak lengket, serta mudah dibentuk pada suhu tubuh (30º C sampai 40º C). Karena itu clay jenis ini menjadi pilihan utama para seniman animasi yang sering mengubah-ubah bentuk karyanya. Clay jenis ini pertama kali ditemukan oleh William Harbutt dari Inggris pada tahun 1897. dan sejak itu, plasticine clay menjadi bahan yang sangat populer di Inggris Raya.

Ada satu lagi jenis clay yang mudah mengering dan tidak mengecil bentuknya adalah paper clay. Paper clay bisa dicat, dipernis, dibakar, dijahit, dipotong, dan direkatkan. Jenis inilah yang paling cocok digunakan untuk anak-anak dan orang-orang yang hobi menciptakan karya seni yang indah sekaligus penuh tantangan. silakan klik Suvenir Keramik, Souvenir Keramik untuk mengetahui tips kerajianan tangan lainnya. Jenis lain dari clay adalah polymer clay, yang menjadi solusi tepat bagi pengrajin yang menginginkan hasil karyanya bisa permanen, tidak berubah bentuk atau mengecil, tidak pecah, dan mudah mengeras pada suhu yang relatif rendah. Clay jenis ini memiliki dua bentuk, yaitu cair dan liat. Karena itu, clay jenis ini sering dipakai oleh pengrajin, pehobi, dan anak-anak. Clay jenis ini biasanya digunakan untuk seni rupa miniatur, membuat batu permata tiruan, melukis, dan lain sebagainya.

Temukan informasi mengenai Suvenir Keramik, Souvenir Keramik, Jual Pernak Pernik, Kerajinan Keramik, Pernak pernik dan Suvenir & Souvenir Keramik: Jual Pernak Pernik & Kerajinan Keramik Jakarta pada 88db.com.

http://the5excellent.wordpress.com/2008/03/31/hobi-kerajinan-tangan/

0 komentar:

Followers