Kamar ABG Ajang Kreativitas Remaja

USIA remaja merupakan masa peralihan dengan pelbagai gejolak dan romansanya. Kamar biasanya menjadi ajang kreativitas mereka. Lantas, bagaimana mendesainnya? Masa peralihan membuat remaja biasanya senang bereksplorasi dalam segala hal termasuk desain arsitektur. Salah satunya tempat tidur mereka. Di area inilah ekspresi dan emosi jiwa mereka biasanya tertuang.

"Desainnya lebih ke aktivitas yang berubah. Anak remaja sudah memiliki keinginan mendesain sendiri kamar tidur mereka," ujar Anna, desainer interior dari Annahape Studio. "Keinginan remaja itu mesti didengarkan orang tua. Dalam proses renovasi atau membangun desain rumah baru, kerap orang tua bersikap egois." Padahal, saat remaja, anak sedang mencari jati diri.

"Jika orang tua mau mendengar, kamar bisa menjadi tempat dia berekspresi dan betah di kamarnya," imbuh Anna.

Hal senada juga disampaikan dr. Debby Visnki yang mempunyai putri semata wayang, Natasha. Menurut Debby, kamar putrinya didesain sesuai dengan keinginan. "Seleranya cukup bagus, dia pintar memilih lampu kristal untuk kamarnya," ujar Debby. Natasha gemar browsing di internet untuk mencari pernak-pernik kamar & arsitektur rumah idamannya.

Sementara itu, dengan apa yang sudah ada, Natasha selaku arsitektur bangunan membangun "kerajaan" kecil di kamarnya. Ada beberapa bentuk kamar anak sesuai dengan fungsinya, diantaranya desain minimalis & desain modern. Sebuah desain rumah kamar utuh ataukah bergabung dengan fungsi ruang lain seperti ruang belajar. Beberapa orang tua keukeuh untuk membedakan ruang kamar dengan belajar. Alasannya, atmosfer desain arsitektur kamar tidak cocok untuk aktivitas belajar.

"Kalau memang arsitektur rumah digabung, ada zoning, zona untuk istirahat, belajar, dan bermain," tandas Anna. Dalam satu area, diberi penanda arsitektur bangunan khusus di mana remaja bisa belajar, istirahat atau bercengkerama bersama teman- temannya. Bisa dengan partisi, penggunaan karpet berbeda atau split level antar area. Area belajar pada kamar pun dibuat desain minimalis sesederhana mungkin. Jangan terlalu serius. Ada kemungkinan remaja memilih belajar di luar kamar, seperti bergabung di ruang kerja ayah.

"Natasha sering belajar, main komputer di ruang kerja ayahnya. Dia lebih banyak di kamar kalau mau sendiri," sebut Debby. Bicara sendiri, bicara privasi. Anak remaja sudah mulai menyadari adanya privasi. Meski mungkin kamar anak remaja berada di sebelah kamar orangtua, sebaiknya connecting door dihilangkan.

Pintu kamar adalah area "keramat" bagi mereka. Jangan mencoba masuk jika belum mendapat izin si empunya kamar. Hal ini dialami Herdiana, ibunda pebintang sinetron Cinta Laura Kiehl. "Kalau dahulu dia belum mau tidur kalau tidak dikeloni, sekarang berubah total. Kita masuk kamar harus ketok-ketok dahulu. Tidak bisa sembarangan," ujar Herdiana.

Biarkan anak memiliki privasinya dan ruang lebih untuk menikmati hidupnya. Soal posisi kamar juga perlu direncanakan. Selain di sisi kamar orang tua, banyak juga yang mengalokasikan area tingkat menjadi kamar anak-anak. Area tingkat pun menjadi otoritas mereka dalam menjamu teman yang datang.

Untuk desain interior dan pemilihan furnitur, umumnya remaja menyukai kesederhanaan dan pernak-pernik cantik. "Warna tembok atau wallpaper bisa memilih warna natural, dengan pemilihan aksen pernak-pernik lebih berwarna," sebut Anna. Seperti memilih lampu meja cantik berwarna ungu atau pink. Bantal-bantal lucu berbentuk hati atau karakter kartun favorit. Seiring meningkatnya kebutuhan remaja, sebaiknya furnitur di kamar pun agak besar. Seperti lemari pakaian, lemari TV dan audiovisualnya, juga tempat tidur.

Anak remaja boleh saja tidur sendiri, tapi teman-temannya, khususnya remaja putri, kerap berbincang di tempat tidur mereka. Namun, jika tidak memungkinkan, gunakan karpet agar mereka bisa bersantai di sana. Kamar yang nyaman dapat memengaruhi kreativitas anak remaja. Berikan ruang privasi untuk mengolah bakat dan pribadinya.

http://www.lampungpost.com/

Temukan informasi lain mengenai Desain Rumah, Desain Arsitektur, Arsitektur Rumah, Arsitektur Bangunan, Desain Minimalis, Desain Modern hanya di Desain Rumah & Arsitektur : Arsitektur Rumah & Bangunan - Desain Minimalis & Modern 88DB.com

0 komentar:

Followers